Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jakarta Night Festival, Ini Rencana Pengamanan Polda Metro Jaya

JNF merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada malam pergantian tahun.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jakarta Night Festival, Ini Rencana Pengamanan Polda Metro Jaya
Kompas/Lucky Pransiska
Ilustrasi Jakarta Night Festival 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya telah membuat rencana pengamanan di acara Jakarta Night Festival (JNF). JNF merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada malam pergantian tahun.

Acara ini diselenggarakan di Bundaran Hotel Indonesia. Rencananya, di pelaksanaan JNF tahun ini terdapat sembilan panggung hiburan. Nantinya, terdapat dua panggung utama di Bundaran HI dan Silang Barat Monas. Kegiatan JNF berlangsung pada Rabu (31/12/2014)mulai pukul 20.00 WIB sampai Kamis (1/1/2015) pukul 01.00 WIB.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Unggung Cahyono mengatakan sebelum pelaksanaan pihaknya membuat rencana pengamanan berdasarkan evaluasi kegiatan tahun lalu. Ini dilakukan supaya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada warga masyarakat.  

Dia menjelaskan untuk mempermudah petugas melakukan patroli dan evakuasi kepada korban, maka di jalanan Bundaran Hotel Indonesia akan dibuat kanal. Kanal tersebut dibuat dengan menyusun beberapa besi, seperti yang dilakukan ketika pengamanan konser musik.

“Bundaran HI dibuat kanal. Jalanan di sekat menggunakan besi seperti yang digunakan untuk kegiatan konser musik. Ini dilakukan untuk petugas patroli dan evakuasi korban,” tutur Irjen Pol Unggung Cahyono di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/12/2014).

Selain membuat kanalisasi di Bundaran Hotel Indonesia, patroli juga dilakukan di jalur bus way disepenjang jalur acara JNF. “Tahun ini untuk jalur bus way akan digunakan patroli bersepeda,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Irjen Pol Unggung Cahyono mengimbau kepada warga supaya tidak berada di jembatan penyeberangan. Sebab, di tempat tersebut akan difungsikan untuk posko pengamanan.

“Warga tidak boleh berada di jembatan penyeberangan, karena itu berbahaya. Nanti, di jembatan penyeberangan akan ditaruh posko. Ini untuk memberikan rasa nyaman,” katanya.

Selama acara JNF pengendara kendaraan bermotor dilarang melalui jalan tersebut. Maka kendaraan dapat ditaruh di kantong-kantong parkir. “Kami membuat kantong-kantong parkir di Monas, Masjid Istiqlal, ParkirTimur Senayan, dan Polda Metro Jaya,” tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas