Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

UBL dan Kemenristek Dikti Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Elektronik

Universitas Budi Luhur mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah penyelengaraan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan dan Akreditasi Jurnal Elektronik

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in UBL dan Kemenristek Dikti Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Elektronik
ist

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Budi Luhur mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah penyelengaraan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan dan Akreditasi Jurnal Elektronik/OJS pada awal November 2015 lalu bertempat di Hotel Ara Gading Serpong.

Kegiatan ini dihadiri peserta dari 15 pengelola jurnal ilmiah baik dari perguruan tinggi maupun lembaga lainnya di seluruh Indonesia. Bentuk kegiatan ini berupa penyampaian pedoman akreditasi maupun tutorial  penggunaan aplikasi Sistem akreditasi jurnal nasional (Arjuna).

Rektor Universitas  Budi Luhur Prof. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D,  menyambut gembira kegiatan ini sebagai bukti bahwa Universitas Budi Luhur mendapatkan kepercayaan dari Kemenristek Dikti yang sudah mempertimbangkan beberapa hal yaitu UBL merupakan perguruan tinggi sehat dan dapat bekerjasama, karena pelatihan pengelolaan e-journal senafas dengan program yang dikembangkan UBL sendiri.

Sementara itu Suwitno dari Dit-Litabmas DIKTI yang juga Kabubdit HKI mengatakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan dan Akreditasi Jurnal Elektronik- Open Journal System (OJS) ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pengelola terbitan berkala ilmiah.

"Dalam mengelola terbitan berkala ilmiah elektronik dengan harapan dapat dijadikan sarana bagi penulis dalam mempublikasikan hasil penelitian berskala nasional maupun internasional yang pada akhirnya dapat meningkatkan bahan referensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan melalui penerapan OJS,“ jelasnya.

Selanjutnya Dra. Dwi Achadiani, MKom Kepala Biro Perpustakaan dan Publikasi  UBL yang menjadi Ketua Panitia menambahkan tujuan utama Pelatihan Pengelolaan dan Akreditasi Jurnal Elektronik-Open Journal System (OJS) ini adalah meningkatkan motivasi dan kemampuan pengelola jurnal untuk dapat mengelola jurnal dengan baik.

"Tujuan khusus kegiatan pelatihan ini adalah agar para peserta pelatihan dapat,  Meningkatkan pemahaman tentang kebijakan, dasar filosofi, prinsip-prinsip dan prosedur akreditasi terbitan ilmiah dan pengelolaan terbitan berkala ilmiah elektronik, meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan dan pengajuan akreditasi terbitan berkala ilmiah,  meningkatkan kesadaran akan peran akademis sebagai agent of change berlandaskan kemampuan untuk mengembangkan terbitan berkala ilmiah sebagai sarana publikasi  artikel ilmiah, menjembatani komunikasi antar peneliti secara lokal, regional, nasional, maupun internasional," paparnya.

BERITA REKOMENDASI

Seperti diketahui, pengelolaan terbitan berkala ilmiah bukan merupakan pekerjaan yang mudah.

Ada dua permasalahan umum yang dihadapi para pengelola terbitan berkala ilmiah, yaitu, ketersediaan naskah bermutu dan keberlanjutan pengelolaan terbitan berkala ilmiah.

Pada umumnya para peneliti belum mempunyai komitmen yang cukup untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui terbitan berkala ilmiah.

Motivasi melakukan penelitian oleh dosen tidak diimbangi dengan tanggung jawab moral sebagai peneliti untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitiannya yang sangat berguna bagi masyarakat luas baik untuk kepentingan praktis maupun pengembangan teoretis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas