Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BLAPC2015 Ajang Tingkatkan Keahlian Mahasiswa di Bidang Algoritma dan Pemrograman

Fakultas Teknologi Informasi merupakan fakultas terbesar dan tertua di Universitas Budi Luhur

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in BLAPC2015 Ajang Tingkatkan Keahlian Mahasiswa di Bidang Algoritma dan Pemrograman
ist
Para Juara BLAPC2015: 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fakultas Teknologi Informasi merupakan fakultas terbesar dan tertua di Universitas Budi Luhur.

Kekuatan utama yang dimiliki oleh Fakultas Teknologi Informasi adalah proses pembelajaran yang mengedepankan pada penguasaan teknologi informasi dan ilmu komputer.

Kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh Fakultas Teknologi Informasi banyak diserap di berbagai perusahaan untuk mengisi posisi pekerjaan di bidang teknologi informasi.

Fakultas Teknologi Informasi telah menyelenggarakan kegiatan kompetisi pemrograman yang dapat diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015 dengan nama kegiatan “Budi Luhur Algorithm & Programming Competition 2015” atau disingkat BLAPC2015.

Diharapkan dengan kompetisi ini, kualitas dan semangat mahasiswa dalam mempelajari algoritma dan pemrograman meningkat sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas lulusan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian mahasiswa di bidang algoritma dan pemrograman serta menjaring bibit-bibit unggul dari mahasiswa yang dapat dididik dan diarahkan untuk mengikuti kompetisi-kompetisi di bidang algoritma dan pemrograman.

Selain itu, meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa dalam mempelajari algoritma dan pemrograman serta meningkatkan kualitas lulusan Fakultas Teknologi Informasi di bidang algoritma dan pemrograman.

BERITA REKOMENDASI

Tujuan lainnya, untuk menciptakan suasana akademik yang baik bagi seluruh sivitas akademika Fakultas Teknologi Informasi.

Ketua penyelenggara, Achmad Solichin, S.Kom, M.T.I mengatakan hal tersebut merupakan kerja keras dari banyak pihak, terutama dosen-dosen pengajar matakuliah algoritma yang secara aktif memotivasi dan mendorong mahasiswanya untuk mengikuti perlombaan ini.

"Bahkan dosen-dosen algoritma langsung menjadi pembimbing lomba dari mahasiswa di masing-masing kelas yang diampu. Semangat mahasiswa dalam mengikuti perlombaan-perlombaan baik di tingkat lokal maupun nasional perlu dipupuk terus agar dapat meningkatkan daya saing lulusan Universitas Budi Luhur, terutama Fakultas Teknologi Informasi," paparnya.

Selain itu, kompetisi algoritma ini menyediakan hadiah yang cukup menarik bagi mahasiswa. Juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 2 juta, disusul Juara kedua sebesar Rp. 1,5 juta dan Juara ketiga Rp. 1 juta.

Selain itu, setiap finalis juga mendapatkan merchandise menarik dari penyelenggara.

Kompetisi algoritma sendiri berlangsung dalam 2 (dua) babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Babak penyisihan diselenggarakan secara online. Setiap tim diminta mengerjakan sejumlah soal pada suatu situs secara online.

Babak penyisihan berlangsung pada tanggal 16 Desember 2015. Selanjutnya, dari babak penyisihan dipilih 10 (sepuluh) tim terbaik yang berhak mengikuti Babak Final yang berlangsung secara offline.
Babak Final diselenggarakan pada tanggal 23 Desember 2015, dimana setiap tim harus menyelesaikan sejumlah soal menggunakan bahasa pemrograman C/C++. Babak Final berlangsung selama 4 (empat) jam.

Gambar 1 Peserta Babak Final sedang mengerjakan soal Final

Puncak acara dari kegiatan BLAPC2015 ini adalah pelaksanaan Seminar yang dilanjutkan dengan Pengumuman pemenang lomba. Acara seminar berlangsung di Gedung Auditorium, Universitas Budi Luhur yang diikuti oleh sekitar 200 orang peserta.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas