Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Meski Dilarang, Pelajar di Bekasi Tetap Rayakan Valentine

Hal ini pula yang dilakoni Robi, (16) yang membeli beberapa tangkai bunga mawar khusus diberikan bagi sang pujaan hati di hari Valentine ini.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Meski Dilarang, Pelajar di Bekasi Tetap Rayakan Valentine
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Penjual bunga di kawasan Bekasi Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI- Meskipun Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaiku telah menyebar surat edaran bagi Kepala Sekolah SMP, SMA, dan SMK di Kota Bekasi yang melarang siswa merayakan hari Valentine namun itu tidak dihiraukan oleh para pelajar.

Pantauan Tribunnews.com, bertepatan dengan hari Valentine, Minggu (14/2/2016) banyak pasangan muda yang adalah para pelajar di Kota Bekasi, membeli bunga ‎mawar di beberapa kios bunga di Kalimalang, Kota Bekasi.

Mereka nampaknya tidak menghiraukan larangan itu, bagi mereka merayakan Valentine bersama orang terkasih dengan memberikan coklat, bunga ataupun kado spesial adalah hal yang lumrah.

Hal ini pula yang dilakoni Robi, (16) yang membeli beberapa tangkai bunga mawar khusus diberikan bagi sang pujaan hati di hari Valentine ini.

Menurut Robi, selain sebagai hadiah Valentine, bunga mawar yang dibelinya itu juga sebagai tanda aniversary hubungan mereka yang sudah berjalan selama dua tahun belakangan.

"Saya beli bunga untuk Valentine dan aniversary dua tahun hubungan saya dengan pacar. Soal larangan itu biarkan saja, apa salahnya mengungkapkan cinta dengan bunga," tutur Robi.

Hal yang sama merayakan Valentine juga dilakoni oleh Aldo (18), Aldo juga tidak menggubris adanya larangan Valentine bagi pelajar di Kota Patriot itu, menurut Aldo merayakan Valentine merupakan hal yang umum dan wajar.

BERITA TERKAIT

Bahkan tidak hanya membelikan bunga untuk sang kekasih yang juga satu sekolah dengannya, Aldo juga akan mengajak sang kekasih untuk makan malam bersama di sebuah cafe.

"Saya beli bunga untuk nanti malam, saat makan malam sama pacar, saya kasih bunganya," tambah Aldo.

Untuk diketahui, Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu menyebar surat edaran yang ditujukan kepada kepala SMP, SMA, dan SMK yang ada di Kota Bekasi.

Isinya melarang para siswa melakukan perayaan hari Valentine atau hari kasih sayang yang jatuh esok hari.

"Melarang kegiatan siswa merayakan hari kasih sayang atau kegiatan lainnya yang tidak sesuai atau mencerminkan karakter atau budaya bangsa," demikian salah satu poin dalam surat edaran yang ditandatangani Ahmad Syaikhu.

‎Surat edaran ini baru diterbitkan pada Jumat (13/2/2015) ini. Di kolom perihal di surat edaran ini tertulis "edaran terkait karakter bangsa".

Surat edaran ini juga memiliki tembusan kepada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Tertulis dalam surat, Ahmad Syaikhu menuliskan enam poin terkait larangan perayaan hari Valentine ini. Berikut ini adalah isi dari surat edaran tersebut:

Dalam rangka menanam nilai-nilai karakter bangsa bagi para pelajar di Kota Bekasi sebagai cermin dari visi Kota Bekasi yang ihsan dengan ini kami sampaikan hal-Hal sebagai berikut :
1. Guru/lingkungan sekolah untuk mengawasi dan menjaga siswa yang ada di sekolah masing-masing untuk tidak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan norma agama, sosial, dan budaya bangsa.
2. Melarang kegiatan siswa merayakan hari kasih sayang atau kegiatan lainnya yang tidak sesuai atau mencerminkan karakter/budaya bangsa.
3. Melakukan komunikasi dengan orangtua siswa untuk selalu mengawasi dan memantau perilaku putera/puterinya.
4. Menanam sifat dan perilaku karakter bangsa di sekolah.
5. Seluruh perangkat sekolah untuk melaksanakan nilai-nilai luhur yang berlaku di lingkungan sekolah.
6. Melakukan gerakan gotong royong dalam lingkungan sekolah yang berkesinambungan. Demikian agar maklum dan dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Pada akhir surat tersebut pun tertera tanda tangan Ahmad Syaikhu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok melarang semua sekolah di Kota Depok menyelenggarakan kegiatan siswa terkait perayaan hari Valentine atau hari kasih sayang, yang jatuh pada 14 Februari 2015.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas