Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lagi, Dua Tokoh Betawi Calonkan Diri Jadi Gubernur DKI

Kini, Bang Daus menjabat sebagai Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Lagi, Dua Tokoh Betawi Calonkan Diri Jadi Gubernur DKI
TRIBUNNEWS.COM/Seno Tri Sulistiyono
Firdaus Djaelani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaring Pemuda dan Mahasiswa Jakarta (JPMJ) mendeklarasikan sosok putra Betawi untuk maju di Pilkada, yakni Firdaus Djaelani akrab disapa Bang Daus.

"Beliau merupakan sosok anak Betawi yang punya pendidikan tinggi lulusan sarjana Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia tahun 1981, lalu program magister di Ball State University Indiana tahun 1988," tulis Koordinator JPMJ, Haris Pratama, Jumat (11/3/2016).

Bang Daus, kata Haris, merupakan cucu dari tokoh agama Betawi KH. Abdullah Syafei dan ibunya Ustadzah Hj. Tuty Alawiyah. Selain itu, dia merupakan lulusan dari Universitas Gajah Mada.

"Bang Daus meraih gelar Doktor Bidang Ekonomi dari Universitas Gajah Mada dengan hasil memuaskan," ujarnya.

Kini, Bang Daus menjabat sebagai Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Tahun 2012 bulan Juli, beliau dipercaya sebagai Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dikala mahasiswa, beliau juga aktif di organisasi primordial Keluarga Mahasiswa Betawi (KMB) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)," lanjut Haris.

JPMJ menyatakan sikap untuk mendukung putra daerah asli Jakarta untuk ikut bertarung dalam pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada tahun 2017 nanti di Pilkada DKI.

BERITA TERKAIT

"Kami siap mendukung anak Betawi asli, Bang Daus yang memiliki jiwa toleransi Tinggi dengan segudang prestasi‎," imbuh dia.

Selain Bang Daus, Tokoh Betawi Muhammad Rifki akrab disapa Bang Ekky Pitung juga mendeklarasikan diri di hari yang sama.

Ekky Pitung mendeklarasikan diri sebagai bakal calon gubernur DKI yang maju melalui jalur independen sama dengan Ahok.

"Dengan mengucapkan bismilahirohmannirohim dan sesuai dengan amanat UUD 45 serta Pancasila, saya mendeklarasikan diri untuk maju sebagai bakal calon gubernur DKI di 2017," ujar Ekky dalam keterangan tertulisnya.

Motivasi Ekky, karena dirinya merupakan asli Betawi dan cinta terhadap kampung halamannya.

Pria kelahiran Kampung Rawa Belong ini mengaku sudah mendapat dukungan dari 25 ribu hingga 30 ribu warga DKI untuk maju dari jalur Independen.

"Motivasi saya maju sebagai Cagub karena saya mencintai kampung halaman saya yakni tanah Betawi, kemudian saya ingin ikut membangun tanah kelahiran saya," imbuh dia.

Ekky mengimbau kepada Pemerintah Provinsi DKI yang dipimpin Ahok agar dekat dengan warganya.

"Pemerintahan jangan seperti sebuah kerajaan yang tidak bisa dikritik, bahkan terkesan buta pada warganya," lanjut Ekky.

Namun tokoh Betawi ini juga mengaku belum menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai politik.

"Komunikasi politik belum, tapi saya kenal baik dengan para petinggi parpol. Tapi para ulama, tokoh betawi dan tokoh jakarta sudah ada yang mendukung," tutupnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas