Tribun

Lebaran 2016

180 Ribu Pengunjung Diperkirakan Serbu Taman Impian Ancol saat Lebaran

Kepadatan yang selalu terjadi ketika masa liburan di kawasan Taman Impian Jaya Ancol disiasati dengan menerapkan sistem sentral

Editor: Fajar Anjungroso
180 Ribu Pengunjung Diperkirakan Serbu Taman Impian Ancol saat Lebaran
Warta Kota/henry lopulalan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepadatan yang selalu terjadi ketika masa liburan di kawasan Taman Impian Jaya Ancol disiasati dengan menerapkan sistem sentral parkir pada Lebaran tahun ini.

"Untuk dapat mengatasi kemacetan di dalam Ancol, tahun ini kita sediakan wilayah sentral parkir baik untuk mobil dan motor di beberapa titik," kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Paul Tehusijarana saat konfrensi pers 'Meriahkan Lebaran, Ancol Siapkan Wahana Baru' di pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (28/6).

Sentral parkir mobil berada pada titik di sekitan Ecopark, Atlantis, Dufan, Ancol Mall, Pantai Carnaval, Sea World dan Pasar Seni.

Sedangkan untuk motor berada di Parkir Festival A dan B, sepanjang garis pantai Beach Pool dan Pantai Oceanix.

"Adanya beberapa sentral parkir diharapkan dapat mengatasi kemacetan. Kami juga akan menyediakan beberapa fasilitas sebagai alternatif bagi pengunjung yang ingin berpindah lokasi," tuturnya.

Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, menyatakan akan menyediakan sebanyak 100 bus Wara Wiri yang dapat menampung sebanyak 120 orang.

Disediakan pula 5 mini bus untuk para lansia, ibu hamil, ibu menyusui dan penyandang disabilitas.

"Bus tersebut diletakkan pada 2 titik berbeda dengan titik tengahnya berada di Gondola. Sebanyak 60 bus di jalur utara dan 40 bus ditambah 5 mini bus di jalur selatan," kata Sahir.

Adapun rutenya sendiri, bus Wara Wiri dari arah utara akan melewati Carnaval - Pantai - Ocean Dream Samudera (ODS) - Atlantis.

Sedangkan dari arah selatan akan melewati Dufan - Atlantis - Ocean Dream Samudera (ODS) - Sea World. Bus Wara Wiri akan beroperasi dari jam 05.00 - 20.00.

"Selain nyaman, Wara Wiri juga efisien sebab, paling lama hanya membutuhkan waktu 15 menit dari ujung ke ujung," tambahnya.

Sahir memperkirakan jumlah pengunjung yang datang ke Ancol pada saat hari raya berjumlah 185.000 pengunjung perhari.

Pihak pengelola menyatakan kesiapannya untuk dapat mengangkut seluruh pengunjung untuk mengelilingi Ancol tanpa perlu memindahkan kendaraannya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas