Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Lebaran 2016

Manfaatkan Momen Lebaran, Kurir Sabu Kelabui Pemeriksaan di Bandara

Dia menelan setidaknya 80 kapsul berisi narkoba seberat 2 kg.

Manfaatkan Momen Lebaran, Kurir Sabu Kelabui Pemeriksaan di Bandara
TRIBUNNEWS.COM
Jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menangkap seorang kurir narkoba, DH, WNA asal Afrika Selatan di sebuah hotel kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, pada Senin (11/7/2016) sekitar pukul 08.30 WIB. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DH, seorang kurir narkoba WNA asal Afrika Selatan, memanfaatkan momen Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah/2016 untuk menyelundupkan narkoba jenis sabu.

Dia menelan setidaknya 80 kapsul berisi narkoba seberat 2 kg.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes John Turman Panjaitan, mengatakan penyelundupan narkoba dengan cara menelan atau modus swallowed itu merupakan metode lama yang sudah ditinggalkan.

Dia menjelaskan, metode ini sudah ditinggalkan karena kurir narkoba dapat dilacak menggunakan pemeriksaan X-Ray yang memeriksa anggota tubuh secara keseluruhan.

"Metode swallowed. Ini metode sudah lama karena kurang lebih ketangkap. Ini metode dulu ditinggalkan. Modus ini sudah ditinggalkan, tetapi momen lebaran memungkinkan," tutur Turman, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (11/7/2016).

Menurut dia, DH dapat menerobos pemeriksaan X-Ray di bandara karena pada saat yang bersamaan situasi di tempat itu sedang penuh dengan para penumpang yang memanfaatkan libur Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah/2016.

Pada saat pemeriksaan, menurut pengakuan kurir narkoba itu kepada aparat kepolisian, dia memakai jas yang membantu untuk mengelabui petugas dan mesin pemeriksaan X-Ray.

"Ada cara berjalan yang diperhatikan lewat X-Ray. Ketika seorang berjalan itu diperhatikan. Kalau ramai kemarin mudik. Itu memanfaatkan momen lebaran," ujarnya.

Rencananya, DH diduga akan mengantarkan sabu kepada WNA asal Afrika, untuk kemudian diedarkan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

DH, seorang kurir narkoba WNA asal Afrika Selatan, menyelundupkan narkoba jenis sabu dengan cara menelan atau modus swallowed.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas