Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saksi Sebut Temuan Sianida dalam Tubuh Mirna Tidak Menyebabkan Kematian

Jaksa Penuntut Umum (JPU) kemudian kembali menegaskan terkait keterangan saksi dalam paparan sidang sebelumnya.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Saksi Sebut Temuan Sianida dalam Tubuh Mirna Tidak Menyebabkan Kematian
Kompas TV
Ahli Toksikologi Kimia Dr. rer. nat (Doktor Ilmu Sains) Budiawan dihadirkan dalam sidang lanjutan kasus kematian Mirna di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saksi ahli toksikologi Universitas Indonesia, Dr Budiawan menyebutkan jika temuan sianida sebesar 0,2 mg per liter dalam cairan lambung korban, Wayan Mirna Salihin tidak berbahaya dan menyebabkan kematian.

Dosis tersebut katanya termasuk dalam batas kewajaran.

"Cuma 0,2 miligram, itu tidak mematikan. Karena sianida dengan dosis segitu bisa larut hanya dengan segelas air dan terdetokfikasi tubuh. Jadi tidak berbahaya, ada kajiannya oleh Kementerian Kesehatan (Republik Indonesia-red)," ungkapnya dalam sidang lanjutan atas kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2016).

Menanggapi pernyataan saksi, Jaksa Penuntut Umum (JPU) kemudian kembali menegaskan terkait keterangan saksi dalam paparan sidang sebelumnya yang menyebutkan jika sianida dalam dosis kecil sekalipun mengakibatkan kerusakan organ.

"Itu hanya penulisan saja, redaksinya saja yang kurang tepat. Bukan saya yang susun, ada tim yang menulis jurnalnya. Pendapat saya tetap, dosis kecil memang dapat berpengaruh, tapi masih dalam batas toleransi tubuh manusia," jelasnya.

Penulis: Dwi Rizki

BERITA TERKAIT
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas