Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Transportasi Laut Jakarta, Ahok: Ini Sudah Enggak Benar Angkutan Kapal

Ahok mengatakan, kapal milik perorangan yang mengangkut penumpang banyak yang tidak memenuhi standar keamanan dan keselamatan.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Soal Transportasi Laut Jakarta, Ahok: Ini Sudah Enggak Benar Angkutan Kapal
Tribunnews.com/Dennis Destryawan
Kapal Zahro Express tiba di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (1/1/2017). Kapal yang kurang lebih mengangkut 200 penumpang itu, terlihat dalam kondisi gosong. TRIBUNNEWS.COM/DENNIS DESTRYAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut transportasi umum di laut Jakarta, banyak yang kondisinya tidak laik.

Ahok mengatakan, kapal milik perorangan yang mengangkut penumpang banyak yang tidak memenuhi standar keamanan dan keselamatan.

Semisal, tidak memenuhi persyaratan pelayaran karena tidak dilengkapi dengan perangkat komunikasi radio.

"Memang saya sudah katakan, ini sudah enggak bener angkutan kapal. Keselamatan kapal, ada yang tidak punya radio, semua udah enggak bener," ujar Ahok di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (2/1/2017).

Ahok menjelaskan, kasus serupa sempat terjadi pada metro mini. Bus tak layak tetap beroperasi, yakni dengan kondisi ban botak atau remnya sudah tidak berfungsi.

Tapi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak bisa melarang metro mini untuk melintas karena sudah ada kontrak panjang.

BERITA TERKAIT

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemprov DKI terus melakukan pengadaan bus Transportasi Jakarta dengan harga tiket Rp 3.500. Sehingga masyarakat lebih memilih bus Transjakarta, dibandingkan metro mini,.

"Sama kayak metro mini kan, metro mini semua bener enggak? Banyak yang enggak bener. Tapi kan kita butuh waktu. Sama seperti bus, nanti yang lama-lama hilang," ujar Ahok.

Menurut Ahok, kasus Kapal Zahro Express bisa terbakar karena kondisi kapal tidak memenuhi standar.

Ditambah dengan penumpang yang melampaui kapasitas. Sebab, dari manifest Kapal Zahro Express, hanya tercatat 100 penumpang, padahal terdapat 200an penumpang.

"Kapalnya memang sudah enggak standar, kalau menurut saya ya. Karena sudah beberapa kali kejadian, penumpang kepenuhan, overload, enggak ada pelampung, enggak ada standar, enggak ada radio, cuma ini saya enggak tahu akibatnya apa, korsleting katanya," ujar Ahok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas