Tribun

Pilgub DKI Jakarta

Hari Ini KPU DKI Gelar Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi

KPU DKI Jakarta akan menggelar rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tingkat provinsi, di Hotel Grand Sahid.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Dewi Agustina
Hari Ini KPU DKI Gelar Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi
Repro/Kompas TV
Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Paseban, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (18/2/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tingkat provinsi, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (26/2/2017).

Rencananya, rapat pleno akan dibuka pukul 10.00 WIB. Sejumlah unsur pejabat lembaga diundang dalam acara ini.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi bisa rampung dalam satu hari apabila tidak banyak perdebatan atau pertanyaan dari saksi pasangan calon.

Namun jika banyak pembahasan, rekapitulasi di tingkat provinsi bisa dilangsungkan hingga Senin (27/2/2017).

Setelah rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi, setiap pasangan calon memiliki waktu tiga hari apabila ingin mengajukan gugatan sengketa ke Mahkamah Konstitusi.

"Tinggal menunggu tiga hari, kemudian apakah ada yang menggugat atau tidak. Kalau enggak ada (gugatan), langsung penetapan (hasil pilkada)," kata Sumarno.

Jika rekapitulasi di tingkat provinsi selesai pada 27 Februari, penetapan hasil Pilkada 2017 rencananya akan dilakukan pada 4 Maret.

Dalam penetapan tersebut, akan dilihat pula apakah Pilkada DKI Jakarta berlangsung dua putaran atau tidak.

Putaran kedua Pilkada DKI Jakarta dilangsungkan apabila tidak ada pasangan calon yang memenuhi perolehan suara 50 persen+1.

Halaman
12
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas