Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Versi IWD, Ini Tiga Lembaga Survei yang Meleset Prediksinya Soal Pilkada DKI

Sejumlah lembaga tercatat merilis hasil survei menjelang hari pencoblosan, beberapa di antaranya dinilai paling buruk dalam melakukan prediksi.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Versi IWD, Ini Tiga Lembaga Survei yang Meleset Prediksinya Soal Pilkada DKI
Ist/Tribunnews.com
Diskusi IWD mengenai "Akurasi Survei dan Quick Count dalam Pilkada DKI Jakarta 2017" yang diadakan di Jakarta, Senin (27/2/2017). Paling kiri,Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, Direktur Eksekutif InTrans Saiful Haq, Peneliti politik LIPI Irine Gayatri , Inisiator IWD Sudiarto dan Direktur Eksekutif IWD Endang Tirtana. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Gegap gempita Pilkada DKI putaran pertama telah berakhir.

Sejumlah lembaga tercatat merilis hasil survei menjelang hari pencoblosan, beberapa di antaranya dinilai paling buruk dalam melakukan prediksi.

Indonesia Watch for Democracy (IWD) menyebut tiga lembaga paling tidak akurat, yaitu Lembaga Kajian Politik Indonesia (LKPI), Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, dan Grup Riset Potensial (GRP).

“Akurasi ketiga lembaga survei tersebut pada peringkat terendah, yaitu 10,55 untuk LKPI, 11,96 (LSI), dan 22,46 (GRP),” ungkap Direktur Eksekutif IWD Endang Tirtana, dalam diskusi di Jakarta, Senin (27/2/2017).

Direktur Eksekutif
Hasil riset terbaru IWD.

Angka tersebut didapat dari selisih hasil survei dengan real count KPU, dirata-rata selisih tertinggi dan terkecil.

Ketiga lembaga itu juga salah dalam memprediksi pemenang Pilkada DKI, terang Endang. LSI-Denny JA dan GRP menjagokan Agus-Sylvi, sedang LKPI memenangkan Anies-Sandi.

“Padahal waktu survei ketiga lembaga itu dengan lembaga-lembaga survei hampir sama, yaitu pada periode akhir Januari hingga awal Februari 2017,” lanjut Endang.

BERITA TERKAIT

Menanggapi hasil peluncuran riset akurasi lembaga survei oleh IWD, Direktur Eksekutif InTrans Saiful Haq menilai seharusnya dipisahkan antara fungsi survei sebagai kegiatan penelitian ilmiah dengan konsultan politik.

“Survei seharusnya merasionalisasi politik, meredam konflik elektoral, sayangnya survei lebih banyak digunakan untuk melegitimasi keinginan politisi,” tandas Saiful.

Tantangan kita bersama untuk berkontribusi bagi pilkada yang lebih baik, lanjut Saiful. “Pilkada DKI ini barometer nasional, situasi di Aceh bahkan lebih baik dari yang dibayangkan sebelumnya,” tutur Saiful.

Anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo, meminta pengertian survei dikembalikan sebagai prediksi.

“Hasil survei selalu bersifat sementara dan dinamis,” tegas Agus. Di tingkat global bahkan lembaga-lembaga survei ternama di Amerika gagal memprediksi kemenangan Donald Trump, ungkap Agus.

“Ada kecenderungan responden juga merasa lelah,” kata Agus.

Hasil survei sendiri baru akan teramplifikasi oleh media massa, lanjut Agus. “Hasil survei kemudian menjadi realitas jurnalistik, karena itu peran media massa sangat penting untuk bersikap lebih kritis terhadap hasil-hasil survei,” pesan Agus.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas