Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

RPTRA, Ruang Publik Beragam Manfaat bagi Anak-anak dan Kaum Perempuan

Kepada wartawan, baru-baru ini, Ahok berharap taman di ibu kota bisa menjadi tempat silaturahmi, dan bisa dinikmati semua kalangan.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in RPTRA, Ruang Publik Beragam Manfaat bagi Anak-anak dan Kaum Perempuan
Alex Suban/Alex Suban
Warga beraktivitas di taman dan arena Skate Park di Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat, saat diresmikan Rabu (22/2/2017). Peresmian ruang terbuka ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama didampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangunan Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) merupakan satu di antara program unggulan Ahok-Djarot yang diperuntukkan kepada kaum perempuan dan anak.

Kepada wartawan, baru-baru ini, Ahok berharap taman di ibu kota bisa menjadi tempat silaturahmi, dan bisa dinikmati semua kalangan.

"Tolong dipelihara lingkungannya. Yang mau main skate board ikuti petunjuk, sepeda juga pakai helm. RPTRA juga harus jadi tempat bersilaturahim," kata Ahok saat meresmikan Taman Kalijodo, Jakarta Barat.

Menurut Ahok, di RPTRA, generasi muda dan tua bertemu, anak-anak punya tempat bermain dan orang tua mengawasi anak sambil berinteraksi dengan tetangga.

"Selain menumbuhkan rasa saling peduli, cara ini dinilai dapat menjadi landasan menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak karena ruang terbuka dapat diawasi."

Fasilitas RPTRA

Setiap RPTRA yang dibangun terdapat fasilitas perpustakaan. Diharapkan lewat fasilitas tersebut,bisa menumbuhkan minat baca anak.

BERITA TERKAIT

Selain itu, RPTRA juga dilengkapi tempat bermain. Ada perosotan, ada jungkat jangkit, ada ayunan dan lainnya. Ada juga yang sarana bermain terintegrasi, alias menjadi satu untuk ragam mainan seperti perosotan dan panjat-panjatan.

Tak cuma sejumlah fasilitas, Pemprov DKI juga bakal menambah mobil mini dan TransJakarta Care untuk menjembut manula dan kaum disabilitas.

"Toiletnya juga harus masuk kursi roda. Kami ingin penyandang disabilitas juga dihargai," kata Ahok.

Ahok juga berpesan kepada wali kota untuk menata pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar lokasi.

"Saya minta wali kota kuliner diberesin, ada preman ngga disini? Kalau ada tolong Dishub direkrut, jadi tukang parkir atau satpam. Kami mau kelola. Mau 24 jam buka enggak apa-apa, asal nggak berisik," kata Ahok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas