Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gus Solah Ingatkan Ajaran KH Hasyim Asy'ari Padukan Keindonesiaan dan Keislaman

Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Gus Solah Ingatkan Ajaran KH Hasyim Asy'ari Padukan Keindonesiaan dan Keislaman
Presiden Jokowi Resmikan Masjid Raya Hasyim Asy'ari 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pasalnya, Masjid Raya Jakarta diberi nama KH Hasyim Asy'ari yang merupakan kakek Gus Sholah.

"Terimakasih kepada Pemprov DKI Jakarta yang memberikan nama KH Hasyim Asy'ari. Terimakasih kepada Presiden Jokowi yang telah mengambil prakasa Masjid. Semoga berperan maksimal sebagai kegiatan sosial," kata Gus Sholah di Masjid Raya, Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

Gus Sholah mengatakan masjid raya merupakan yang pertama dengan nama KH Hasyim Asy'ari. Sedangkan Pondok Pesantren Tebu Ireng sedang menyelesaikan pembangunan museum pendiri NU itu.

"Ini penghargaan kepada jasa beliau, yang pahlawan nasional sejak tahun 1964 sebagai tokoh NU, pesantren dan Islam. Tapi tidak banyak yang mengetahui, tokoh yang berhasil memadukan keIndonesiaan dan keIslaman," kata Gus Sholah.

Gus Sholah lalu menekankan ajaran Islam yang disampaikan kakeknya. Ia mengingatkan ajaran Islam KH. Hasyim Asy'ari tidak liberal dan konservatif.

BERITA REKOMENDASI

"KH Hasyim tokoh yang memadukan keIndonesiaan dan keIslaman adalah faktor utama menjadaga Indonesia yang majemuk. Yang saat ini sedang mengalami ujian yang cukup berat," kata Gus Sholah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas