Tribun

Beroperasi Mulai 8 Oktober, Ini Jadwal Keberangkatan KRL dan Tarif Rute Jakarta Kota-Cikarang

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan Kereta Rel Listrik (KRL) rute Jakarta Kota-Cikarang akan resmi dioperasikan pada 8 Oktober

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Sanusi
Beroperasi Mulai 8 Oktober, Ini Jadwal Keberangkatan KRL dan Tarif Rute Jakarta Kota-Cikarang
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
KRL mengangkut penumpang di Stasiun Kebayoran, Jakarta, Senin (28/8/2017). Pada 2017 PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menargetkan jumlah penumpang 292.340.798 penumpang atau bertambah 12 juta penumpang dibanding tahun 2016 sejumlah 280.588.767 penumpang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan Kereta Rel Listrik (KRL) rute Jakarta Kota-Cikarang akan resmi dioperasikan pada 8 Oktober 2017.

Rencananya, untuk rute tersebut KCI akan mengoperasikan 32 perjalanan atau 16 perjalanan pulang -pergi(pp) yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakarta Kota.

"Dari persiapan yang telah dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan sejumlah uji coba, kami telah siap sepenuhnya untuk melayani para pengguna KRL sampai ke Cikarang,” ungkap Direktur Utama PT KCI, MN Fadhila, melalui keterangan resminya, Jumat (6/10/2017).

Untuk memuluskan rencana itu, KCI membangun dua stasiun baru pada rute Jakarta-Cikarang yaitu Stasiun di Bekasi Timur dan Cibitung. Sementara Stasiun Cikarang tengah dilakukan proses revitalisasi, dan Stasiun Tambun segera menyusul.

Tarif yang akan dikenakan untuk jarak Cikarang-Jakarta Kota sejauh 43,97 km, sebesar Rp 5.000.

Sedangkan untuk waktu tempuh Cikarang-Jakarta Kota diperkirakan sekitar 90 menit, dan untuk Cikarang-Bekasi dengan jarak 16 km adalah sekitar 20 menit.

Jadwal Keberangkatan

Untuk rincian jadwal keberangkatan, KRL pertama dari Cikarang menuju ke Jakarta kota mulai beroperasi pukul 04.45 WIB.

Kereta terakhir dari Cikarang dijadwalkan berangkat pukul 19.32 untuk tujuan Jakartakota, dan berangkat pukul 20.52 untuk tujuan Bekasi.

Pemberangkatan dari Bekasi sendiri tersedia hingga pukul 22.15 untuk tujuan Jakartakota.

Untuk arah sebaliknya, dari Stasiun Jakarta Kota, kereta pertama berangkat menuju Cikarang dijadwalkan pukul 05.41 WIB.

Sementara kereta terakhir dari Jakarta Kota tujuan Cikarang tersedia pada pukul 17.46.

Pemberangkatan dari Bekasi sendiri tersedia hingga pukul 18.43 untuk tujuan Cikarang.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas