Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemprov Tawarkan Anies Mobil Lexus untuk Kendaraan Dinas

"Bagaimanapun Pak Djarot masih gubernur sampai sekarang. Jadi, masih berhak tinggal di sana. Beliau juga pasti paham lah soal begini-begini,"

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pemprov Tawarkan Anies Mobil Lexus untuk Kendaraan Dinas
KOMPAS.com/NURSITA SARI
Petugas memasang scaffolding guna membantu mereka mengecat dinding Balai Kota DKI Jakarta yang tinggi, Rabu (11/10/2017). Pengecatan ini merupakan bagian dari pembenahan yang dilakukan Biro Umum Pemprov DKI Jakarta dalam rangka menyambut Anies Baswedan dan Sandiaga Uno setelah dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Biro Kepala Daerah dan Luar Negeri Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Mawardi menjelaskan pihaknya sudah memberikan tawaran fasilitas untuk digunakan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies-Sandi.

Dia mengatakan, fasilitas yang akan diberikan yakni, mobil Lexus GX 460 berwarna hitam tahun 2012. Mobil tersebut yang sebelumnya juga sempat ditawarkan kepada Jokowi-Ahok di awal pemerintahan mereka.

Baca: Surya Paloh Persilakan Khofifah Duduk di Kursi Keluarga

"Untuk kendaraan, kami masih tawarkan mobil yang lama," jelas dia saat dihubungi, Jakarta, Rabu (11/10).

Dari data yang diolah, mobil Lexus itu mengusung mesin 4.6 liter berkonfigurasi V8 bertenaga 301 Hp dan torsi 329 lb-ft. Tenaga dan torsi sebesar itu disalurkan via transmisi matik enam percepatan.

Memiliki kapasitas penumpang tujuh orang, dianggap oleh Mawardi tepat untuk seorang kepala daerah. Sementara untuk wakil gubernur, pemprov DKI Jakarta menyediakan Toyota Land Cruiser hitam tahun 2012.

Dia mengatakan kendaraan tersebut nantinya akan diganti saat Anies-Sandi setelah menjabat beberapa bulan. Pasalnya, Mawardi telah meminta pengadaan kepada Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) untuk kendaraan operasional.

BERITA TERKAIT

"Sementara untuk plat nomor sudah kami siapkan B 1 DKI dan B 3 DKI. Semuanya nanti terserah mau dipakai atau tidak. Karena, bisa saja minta yang RFS nanti," ucapnya.

Sedang mengenai Rumah Dinas Gubernur yang berada di dekat Taman Suropati, Menteng, Jakarta, Mawardi menjelaskan akan diserahkan kepada gubernur berikutnya. Usai Djarot mengosongkan rumah tersebut.

"Bagaimanapun Pak Djarot masih gubernur sampai sekarang. Jadi, masih berhak tinggal di sana. Beliau juga pasti paham lah soal begini-begini," lanjut dia.

"Intinya, kami menyiapkan segala sesuatunya dari rumah, kendaraan sampai alat kantor. Itu sudah prosedural seperti itu," ujarnya.

Pakai Google VR

Anggota Tim Komunikasi Anies-Sandi, Naufal Firman menerangkan, mereka akan menggunakan Google Virtual Reality (VR) saat pelantikan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta berlangsung.

Teknologi tersebut, memungkinkan penonton yang melihat, serasa berada di dalam ruangan yang sama dengan pemimpin mereka.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas