Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengintip Hotel Syariah di Jakarta Islamic Center, Begini Isinya

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menumbuhkan wisata halal di Jakarta dengan membangun hotel berkonsep syariah.

Editor: Ferdinand Waskita
zoom-in Mengintip Hotel Syariah di Jakarta Islamic Center, Begini Isinya
Kompas.com/David Oliver Purba
Gedung hotel berkonsep syariah di Jakarta Islamic center telah dikonsep sejak 2005.. Bangunan tersebut berlantai 11 dan memiliki 153 kamar. Terdapat dua kolam renang yang berada di lantai 11, Jumat (10/11/2017) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menumbuhkan wisata halal di Jakarta dengan membangun hotel berkonsep syariah.

Rencana Pemprov DKI Jakarta itu akan dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Daerah, PT Jakarta Tourisindo.

Hotel ini rencananya akan direalisasikan dengan mengambil sebuah gedung di komplek Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara yang saat dijadikan balai pendidikan dan pelatihan (Diklat) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemprov DKI Jakarta.

Baca: Pendarahan Otak, WN Belanda Ini Dibunuh di Jimbaran Bali

Adapun gedung diklat yang saat ini digunakan ternyata merupakan gedung berkonsep syariah yang telah terkonsep sejak 2005 dan diresmikan pada 2012.

Namun, karena sejumlah kendala hotel tersebut belum bisa difungsikan dan hingga saat ini difungsikan sebagai sebuah balai Diklat.

"Konsep hotel syariah sudah ada sejak 2005. Tapi rancangan 2001 itu wisma seperti asrama haji bukan bisnis," ujar Kepala Sub Divisi Penyiaran Infokom Jakarta Islamic Center (JIC) Paimun A Karim kepada Kompas.com.

BERITA REKOMENDASI

Baca: Ketua Komisi I Minta TNI Harus Segera Bebaskan Sandera Kelompok Kriminal Bersenjata

Kompas.com, Jumat (10/11/2017) mencoba menelusuri gedung hotel yang digadang-gadang akan menjadi hotel syariah pertama yang ada di Jakarta.

Saat masuk ke dalam kompleks JIC, gedung hotel sudah langsung terlihat dengan tiga kubah yang berdiri kokoh di atas atap gedung.

Adapun gedung ini merupakan bangunan tertinggi yang ada di kompleks JIC. Karena berada di lingkungan JIC, jaraknya sangat dekat dengan masjid.

Hotel Syariah
Gedung hotel berkonsep syariah di Jakarta Islamic center telah dikonsep sejak 2005. Bangunan tersebut berlantai 11 dan memiliki 153 kamar.

Desain hotel berlantai 11 yang memiliki 153 kamar ini terlihat cukup unik. Bentuk gedung persegi empat dengan sentuhan relief bintang persegi delapan.

Relief persegi delapan yang disejajarkan satu sama lain tampak memenuhi tampilan luar gedung. Gedung ini didominasi warna hijau dan putih di bagian luarnya.

Masuk ke dalam hotel, area lobi hotel memiliki ukuran cukup luas.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas