Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Program Internasional Community Plumbing Challenge Sangat Penting Bagi Kesehatan Global

Team dari International Water, Sanitation and Hygiene Foundation (IWSH) berkesempatan untuk mengadakan Kegiatan sosial bertemakan kebersihan

Program Internasional Community Plumbing Challenge Sangat Penting Bagi Kesehatan Global
ist
Program Internasional Community Plumbing Challenge Sangat Penting Bagi Kesehatan Global 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain sedang merenovasi toilet dan sarana kebersihan lainnya di SDN Cicau 02 Cikarang, pada tanggal 11 November 2017 Team dari International Water, Sanitation and Hygiene Foundation (IWSH) berkesempatan untuk mengadakan Kegiatan sosial bertemakan pentingnya kebersihan untuk kesehatan masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Cicau meliputi kegiatan pengobatan gratis serta penyuluhan tentang pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar untuk kesehatan.

Beberapa warga yang datang merasa antusias dengan adanya kegiatan ini. Salah satunya adalah Ibu Juriah, Ketua PKK desa Cicau.

Ibu Juriah menyampaikan bahwa kegiatan Community Plumbing Challenge 2017 (CPC2017) ini dapat menambah wawasan untuk anak-anak agar tahu cara mencuci tangan yang benar serta seberapa pentingnya kebersihan.

Berbeda lagi dengan Ibu Herlina, warga Cicau yang mengeluhkan betapa sulitnya mendapatkan air bersih di desa Cicau.

Walaupun menggunakan PDAM, tetapi air tetap tidak terdistribusi dengan baik. Untuk mandi seringkali warga membeli air bersih, namun jika tidak ada uang, warga lebih sering mandi dan mencuci di empang.

Bahkan untuk mencuci tangan sering kali hanya menggunakan sabun seadanya. Lain lagi dengan Bapak Irin yang berprofesi sebagai seorang petani.

Beliau mengutarakan keluh kesahnya tentang saluran pipa air yang belum sampai ke desanya. Beliau sangat berharap saluran pipa air bisa sampai ke desanya agar bisa lebih mudah untuk mendapatkan air bersih, karena jika kemarau datang, sumur dirumahnya menjadi kering.

Peran para dokter disini sangat penting. Dokter Aria Sarlito yang secara sukarela ikut serta dalam CPC2017 mengajarkan anak-anak tentang tahapan mencuci tangan yang benar dan menggunakan sabun agar higienis. Tangan kita menyentuh banyak benda yang mungkin saja mengandung banyak kuman.

Mencuci tangan yang benar adalah membersihkan secara keseluruhan agar bersih dari kotoran dan membunuh kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas