Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waspadai Banjir Kiriman di DKI Jakarta, Kali Angke Kini Siaga 3

Informasi yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta menyebutkan, tinggi muka air Kali Angke telah melewati batas normal.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Waspadai Banjir Kiriman di DKI Jakarta, Kali Angke Kini Siaga 3
nur ichsan/warta kota
Warga Kampung Candulan, Kelurahan Petir, Kecamatan CIpondoh, Kota Tangerang, hanya bisa pasrah ketika kediamannya diserbu banjir setiap kali musim penghujan seperti sekarang hingga ketinggian 1 meter, Senin (29/2/2017). Penyebabnya karena meluapnya air dari anak Kali Angke yang melintasi kampung mereka yang berbatasan langsung dengan wilayah DKI Jakarta. Namun hingga kini belum dikenai proyek normalisasi siaga banjir. WARTA KOTA/nur ichsan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat di DKI Jakarta terutama yang kediamannya berada di sekitar aliran Kali Angke, diminta waspada banjir kiriman.

Informasi yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan, tinggi muka air di Kali Angke kini telah melewati batas normal.

Informasi BPBD DKI Jakarta melalui akun twitter menyebutkan, tinggi muka air di Pintu Air Angke Hulu Senin (13/11) sekitar pukul 00:00 dan 01.00 berada pada posisi 160 cm. Dengan tinggi air seperti itu, artinya sudah melebih batas normal yang berada di posisi atau di bawah 150 cm.

Informasi BPBD menyebutkan, tinggi air pada posisi siaga III berada di kisaran 150-249 cm, siaga II 250-299 cm, dan siaga I pada posisi di atas 300 cm. Dengan demikian, posisi tinggi air di Kali Angke kini dalam keadaan siaga III.

"Kami BPBD Provinsi DKI Jakarta menginformasikan bahwa pukul 01.L00 ketinggian air di Angke Hulu 160 cm mendung tipis, siaga III waspada. Warga yang tinggal di bantaran Kali Angke agar waspada banjir kiriman," ujar petugas BPBD DKI Jakarta melalui video yang dikirim lewat twitter.

Baca: Jalan Tol Becakayu yang Baru Diresmikan Jokowi Akhirnya Benar-benar Dijual Waskita Karya

Baca: Krakatau Steel Kini Jualan Air, Berapa Potensi Pendapatannya?

BERITA TERKAIT

Beberapa daerah yang dilalui Kali Angke antara lain kawasan Ciledug Indah, Tangerang; Rawabuaya, Cengkareng; dan Kedoya, Jakarta Barat.

Siaga III tidak hanya terjadi di Kali Angke. Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, pintu air di Karet juga berada pada posisi 450 cm atau masuk kategori siaga III. Secara umum, cuaca dilaporkan dalam keadaan mendung tipis (MT), mendung, dan hujan ringan.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas