Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Bakal Renovasi Gedung SDN 01 Cicau yang Rusak

Perbaikan kata Hery, akan dilakukan secara sementara khusus dua ruang kelas yang atapnya rusak parah hingga tidak bisa digunakan lagi

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Bakal Renovasi Gedung SDN 01 Cicau yang Rusak
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kondisi bangunan SD Negeri 01 Cicau, Kabupaten Bekasi yang rusak 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Kepala Bidang Pembinaaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Hery Herlangga mengungkapkan pihaknya telah menerima laporan kondisi SD Negeri 01 Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, yang mengalami kerusakan pada atap bangunan akibat diterjang hujan deras dan angin kencang.

Hery Herlangga mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat bakal merenovasi bangunan SD Negeri 01 Cicau yang rusak.

Baca: Ruang Kelas Rusak Parah, Ratusan Siswa SDN 01 Cicau Belajar Sambil Lesehan di GOR

Perbaikan kata Hery, akan dilakukan secara sementara khusus dua ruang kelas yang atapnya rusak parah hingga tidak bisa digunakan lagi.




"Saat ini sudah kita terima laporan, perbaikan juga sudah kita usulkan perbaikan sementara, yang penting kita lakukan perbaikan, agar bisa digunakan lagi," kata Hery, Kamis, (7/2/2019).

Hery menjelaskan, untuk perbaikan pihaknya mengusulkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 yang dialokasikan melalui dana penataan sarana dan prasarana pendidikan yang totalnya yakni, Rp 299 miliar.

"Dana itu memang disiapkan untuk pembangunan unit sekolah baru, atau pembangunan ruang kelas baru, serta program rehabilitasi bangunan sekolah," ujarnya.

Kondisi bangunan SD Negeri 01 Cicau, Kabupaten Bekasi yang rusak. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)
Sebelumnya, dua ruang kelas di SD 01 Cicau rusak, kerusakan mulai terlihat pada Jumat, 2 Februari 2019, selang satu hari kemudian pada, Sabtu, 3 Februari 2019 malam, huan deras disertai angin kencang yang mengguyur Bekasi membuat atap bangunan dua ruangan roboh.

BERITA TERKAIT

Kondisi tersebut mengakibatkan dua ruangan itu tidak lagi dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, genting atap nampak berserakan ke lantai serta rangka atap bangunan yang nampak hancur.

"Bangunan ini sejak 2005 pernah direhab total, pada 2012 juga pernah ada perbaikan tapi hanya sebatas perbaikan kecil, jumlah ruangan di sekolah ini ada enam, dua ruangan rusak jadi sisa empat," kata Kepala SD Negeri 01 Cicau, Endah Sulyana.

Endah menambahkan, sejak saat itu pihaknya memutuskan untuk memindah kegiatan belajar mengajar siswa kelas IV dan V di ruangan GOR di Kantor Desa Cicau yang jaraknya 50 meter dari sekolah.

Baca: Kisah Bocah Pemulung Asal Pangkalpinang, Putus Sekolah dan Bantu Kakeknya yang Stroke

Adapun fasilitas di GOR Kantor Desa Cicau tentu sangat terbatas, siswa terpaksa belajar tanpa beralaskan kursi apalagi meja. Kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dengan cara lesehan di lantai.

"Kalau jumlah siswa yang kita pindahkan ada 123 siswa, mereka terdiri dari kelas IV A dan IV B, lalau Kelas V A dan V B, mereka biasanya pakai ruang kelas dua shift pagi siang, kalau sekarang semua kita gabungin di GOR, gak ada sekat, cuma dibagi kelompok-kelompok," katanya.

Penulis: Yusuf Bachtiar

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul : Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Bakal Perbaiki Atap SD Negeri 01 Cicau yang Roboh Diterjang Hujan

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas