Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Perintah Pindahkan Kabel Semrawut ke Bawah Tanah

“Semalam melakukan inspeksi revitalisasi trotoar di Jalan Cikini Raya bersama jajaran @binamargadki,” kata Anies sambil bagikan foto-foto inspeksi.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Anies Perintah Pindahkan Kabel Semrawut ke Bawah Tanah
Wartakota/Feri Setiawan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Kerja Daerah I dan Musyawarah Kerja Dewan Pimpinan Unit serta Musyawarah Dewan Pimpinan Unit Taksi Organda Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 di Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/7/2019) Anies Baswedan berbicara soal Organisasi Angkutan Darat (Organda) yang sudah menyediakan moda transportasi untuk warga. Anies ingin warga DKI menggunakan transportasi umum. (Warta Kota/Feri Setiawan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan pindahkan kabel-kabel udara ke bawah tanah.

Nantinya sebagian wilayah Jakarta akan bebas dari kabel-kabel listrik yang kerap mengganggu keindahan.

Hal itu diungkapkan Anies dalam akun Instagramnya @Aniesbaswedan pada Kamis (9/8/2019).

“Semalam melakukan inspeksi revitalisasi trotoar di Jalan Cikini Raya bersama jajaran @binamargadki,” kata Anies sambil bagikan foto-foto inspeksi.

Kata Anies, mendengar penjelasan dari Kepala Dinas Bina Marga Haru Nugroho jika revitalisasi trotoar harus diikuti dengan relokasi kabel udara yang kerap merusak keindahan kota.

Baca: Sosok Lutfhi, Youtuber yang Tewas Dilindas Truk

Baca: Polisi Buru Begal Payudara yang Masih Berkeliaran di Tangsel

Selain itu juga akan dilakukan pencabutan tiang-tiang utilitas yang mengganggu keamanan dan kenyamanan pejalan kaki di trotoar.

“Pagi tadi, kabel dan tiang utilitas yang semrawut itu sdh dipotong dan dibersihkan. Ini paradigma baru dalam penataan utilitas di ibukota, semua jaringan utilitas dipindahkan ke dalam ducting bawah tanah,” jelas Anies.

BERITA TERKAIT

Ia menjelaskan kini Pemprov DKI Jakarta melalui program Kegiatan Strategis Daerah (KSD) dan Bina Marga DKI saat ini sedang mengerjakan proyek Revitalisasi Trotoar tersebut di beberapa ruas Jakarta.

Yakni di Jalan Cikini Raya, Kramat Raya dan Salemba Raya.

“Revitalisasi trotoar ini untuk menciptakan ruang pejalan kaki (pedestrian) yang aman, nyaman dan ramah disabilitas,” terang Anies.

Setidaknya kata Anies penataan kawasan melalui kebijakan yang berpihak bagi pejalan kaki ini akan menjadi koridor interaksi dan kreasi seni budaya untuk komunitas-komunitas di Jakarta.

Nantinya dengan fitur 100 m jalur trotoar ekspresi kreativitas (mural), spot seni dan budaya, akses baru menuju stasiun cikini, integrasi dengan halte bus pengumpan Transjakarta.

Selain itu juga trotoar sepanjang 10 Km di kedua sisi jalan akan dilengkapi dengan ubin pemandu, bollard, bangku, wayfinding sesuai dengan konsep complete streets dengan mengusung tema Trotoar Cikini Raya-Kramat Raya dan Salemba Raya.

Sempat Jadi RPJMD 2013-2017

Halaman
12
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas