Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gubernur Anies Resmikan Ruang Baca Buku di Stasiun MRT Bundaran HI dan Lebak Bulus

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar meresmikan ruang baca buku di Stasiun MRT Bundaran HI.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Gubernur Anies Resmikan Ruang Baca Buku di Stasiun MRT Bundaran HI dan Lebak Bulus
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar meresmikan ruang baca buku di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Stasiun MRT Lebak Bulus, Minggu (8/9/2019) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar meresmikan ruang baca buku di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Stasiun MRT Lebak Bulus, Minggu (8/9/2019) pagi.

Peluncuran dua ruang baca buku ini sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Literasi Internasional/Hari Aksara Internasional yang memang diperingati setiap tanggal 8 September.

"Tujuan kita adalah membangun gerakan baca buku. Kita menyadari pentingnya literasi bagi sebuah masyarakat. Apalagi di kota seperti Jakarta, dimana kita jadi bagian dari kota global," kata Anies Baswedan di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Menurut Anies Baswedan, para penumpang yang menaiki MRT di stasiun keberangkatan, bisa meminjam buku secara gratis dari book corner untuk dibaca selagi dalam perjalanan menuju stasiun tujuan.

"Silakan ambil buku, baca di sepanjang perjalanan, lalu silakan kembalikan di stasiun berikutnya," jelas Anies.

Warga melihat hasil karya seni dari barang-barang bekas yang tergantung di Instalasi Seni kreatif berbentuk lokomotif oleh program Kenali Sejarahmu, Kenali Mimpimu (KEJAR) di Terowongan Dukuh Atas, dekat dengan tiga fasilitas transportasi massal terkini yaitu Stasiun Mass Rapid Transportation (MRT) Dukuh Atas BNI, Stasiun Kereta Bandara BNI City, dan Stasiun Commuter Line Sudirman, Jakarta, Minggu (18/8/2019). Bank BNI menginisiasi 
pembuatan instalasi dengan botol bekas yang merupakan edukasi sejak awal untuk murid SD agar mulai peduli sampah, pemanfaatan daur ulang, mengurangj sampah plastik dan bergaya hidup sehat sejalan dgn program BNI go green. TRIBUNNEWS/HO
Warga melihat hasil karya seni dari barang-barang bekas yang tergantung di Instalasi Seni kreatif berbentuk lokomotif oleh program Kenali Sejarahmu, Kenali Mimpimu (KEJAR) di Terowongan Dukuh Atas, dekat dengan tiga fasilitas transportasi massal terkini yaitu Stasiun Mass Rapid Transportation (MRT) Dukuh Atas BNI, Stasiun Kereta Bandara BNI City, dan Stasiun Commuter Line Sudirman, Jakarta, Minggu (18/8/2019). Bank BNI menginisiasi pembuatan instalasi dengan botol bekas yang merupakan edukasi sejak awal untuk murid SD agar mulai peduli sampah, pemanfaatan daur ulang, mengurangj sampah plastik dan bergaya hidup sehat sejalan dgn program BNI go green. TRIBUNNEWS/HO (TRIBUN/HO)

Alasan menempatkan perpustakaan mini ini di setiap sudut stasiun MRT, karena mantan Mendikbud ini ingin membiasakan masyarakat yang berlalu lalang di Jakarta bisa menyempatkan waktu untuk membaca buku bacaan dengan cerita yang ringan.

BERITA TERKAIT

"Kita ingin agar membaca menjadi kebiasaan, menggunakan waktu membaca. Jadi di dalam 30 menit (perjalanan HI-Lebak Bulus) dapat cerita. Ini harapan kita," ujar dia.

Baca: Elza Syarief Lapor Jokowi Gara-gara Dilabrak Nikita Mirzani, Hotman Paris: Aduh Gimana Lawan Saya?

Baca: Bisa Hapuskan Dosa Setahun, Ini Keutamaan Lain Puasa Tasua dan Asyura, Dilaksanakan Besok!

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, mengatakan pihaknya kini telah melakukan kerja sama dengan Yayasan Baca Buku Jakarta.

Ruang baca buku ini juga bakal tersedia di seluruh area Stasiun MRT.

"Per hari ini, perpustakaan mini hanya berada di stasiun MRT Bundaran HI dan Lebak Bulus. Selanjutnya, kami akan menyediakan di 13 stasiun MRT," ungkap William.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas