Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Akan Bangun Kembali Kampung Akuarium yang Pernah Digusur Ahok

Permukiman warga itu digusur Pemprov DKI era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) pada 2016.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Anies Akan Bangun Kembali Kampung Akuarium yang Pernah Digusur Ahok
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Suasana Shelter penampunngan warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara, tampak dari udara Rabu (4/4/2018). Sejumlah warga eks gusuran sudah mulai menempati shelter-shelter tersebut da sudah mulai kembali beraktivitas. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan akan membangun Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, pada 2020.

Permukiman warga itu digusur Pemprov DKI era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) pada 2016.

"Benar (dibangun pada 2020), jumlahnya 142 unit, tipe 27 meter persegi," ujar Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto saat dihubungi, Selasa (8/10/2019).

Pemprov DKI Jakarta, kata Triyanto, saat ini sedang melelang rencana desain (detail engineering design atau DED).

Baca: Diserang Balik Ruhut Sitompul, Rocky Gerung Ketahuan Tak Lulus di 4 Jurusan Kuliah, Jadi Tertawaan

Desain itu untuk mengembangkan konsep penataan yang telah diusulkan warga Kampung Akuarium dalam program penataan kampung dengan community action plan (CAP).

"Saat ini lagi pelelangan DED-nya," kata dia.

Triyanto menyampaikan, anggaran pembangunan Kampung Akuarium akan diketahui setelah Pemprov DKI mendapatkan pemenang lelang DED.

BERITA TERKAIT

"Itu lelang perencanaan, anggarannya nanti kalau sudah selesai DED-nya," ucap Triyanto.

BANGUN  SHELTER - Warga sudah mendiami  shelter penampungan untuk warga Kampung Akuarium, Jalan Pasar Ikan, Jakarta Utara. Rabu (21/2/2018). Sebanyak 107 shelter dari 3 blok berdinding triplek dan kerangka baja ringan yang akan dijadikan tempat tinggal sementara untuk warga Kampung Akuarium karena masih banyak warga yang bertahan di kawasan tersebut dengan kondisi yang tidak layak. (Warta Kota/Henry Lopulalan)
BANGUN SHELTER - Warga sudah mendiami shelter penampungan untuk warga Kampung Akuarium, Jalan Pasar Ikan, Jakarta Utara. Rabu (21/2/2018). Sebanyak 107 shelter dari 3 blok berdinding triplek dan kerangka baja ringan yang akan dijadikan tempat tinggal sementara untuk warga Kampung Akuarium karena masih banyak warga yang bertahan di kawasan tersebut dengan kondisi yang tidak layak. (Warta Kota/Henry Lopulalan) (Warta Kota/Henry Lopulalan)

Pemprov DKI era kepemimpinan Ahok menggusur Kampung Akuarium pada 11 April 2016. Saat menjadi gubernur, Anies kemudian berjanji akan membangun ulang kampung tersebut.

Sebelum membangun ulang kampung, Pemprov DKI telah mengaktifkan kembali kartu tanda penduduk (KTP) warga Kampung Akuarium sejak awal 2018.

Pemprov DKI juga membangun hunian sementara untuk warga pada April 2018.

Konsep rumah berlapis

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, dengan konsep rumah berlapis.

Pembangunan akan direalisasikan pada 2020.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas