Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nadiem Makarim Gabung ke Kabinet Jilid II, Ini Respons Garda

Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) menolak Founder Gojek Nadiem Makariem untuk bergabung ke kabinet kerja jilid I

Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Nadiem Makarim Gabung ke Kabinet Jilid II, Ini Respons Garda
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Nadiem Makarim mengaku diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bergabung dalam Kabinet Kerja jilid ll. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para pengemudi ojek online yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) menolak Founder Gojek Nadiem Makariem untuk bergabung ke kabinet kerja jilid II Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

"Ojol tidak setuju apabila Nadiem jadi salah satu menterinya Jokowi, akan ada pergerakan seluruh Indonesia, sebagai penolakan," kata Ketua Presidium Nasional Garda Igun Wicaksono kepada Tribunnews.com, Senin (21/10/2019).




Igun memberikan dua alasan terkait penolakan tersebut. Pertama, dia menilai meski Nadiem telah mengundurkan diri dari Gojek, dia masih menikmati keuntungan dari perusahaan transportasi tersebut.

Alasan lain yakni, dia mengatakan Nadiem belum berhasil membuat para mitra pengemudi Gojek sejahtera.

"Nadiem Makarim boleh besar dengan berderet gelar akademik dan valuasi Gojeknya yang triliunan rupiah, namun dibalik itu, jutaan para mitra ojek onlinenya berdarah-darah di lapangan dan jauh dari sejahtera dari segi pendapatan, intinya ojol mitranya belum happy," jelasnya.

Baca: Inilah Sosok Nadiem Makarim, Calon Menteri Jokowi yang Hari Ini Dipanggil ke Istana

Diberitakan sebelumnya, Nadiem Makarim mengaku diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bergabung dalam Kabinet Kerja jilid ll.

BERITA TERKAIT

"Saya telah diminta untuk brgabung kabinet oleh pak presiden," kata Nadiem usai menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Ia mengaku, penujukan menteri merupakan sebuah kehormatan bagi dirinya dan akan siap membantu pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dalam lima tahun ke depan.

"Saya sudah dikasih tau (jadi menteri apa) dan saya sudah menerima secara formal," ucap Nadiem yang enggan menyebut menjabat sebagai menteri apa.

"Saya dan Presiden diskusikan mengenai butir-butir visi kedepan, hal-hal mengenai visi presiden seperti pengembangan SDM, reformasi birokrasi peningkatan investasi dan lain-lain," sambung Nadiem.

Setelah penunjukan menjadi menteri, kata Nadiem, dirinya akan mengurus pengunduran diri sebagai salah satu pimpinan di Go-Jek.

"Sudah pasti dari posisi di GoJek, saya mudur dan tidak ada kewenangan sama sekali, mulai hari ini (mundur)," tutur Nadiem.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas