Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penumpang Keluhkan Minimnya Sosialisasi Jadwal Baru Perjalanan KRL

KCI per tanggal 1 Desember 2019 mulai berlakukan jadwal baru perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL)

Penumpang Keluhkan Minimnya Sosialisasi Jadwal Baru Perjalanan KRL
Tribunnews/JEPRIMA
Rangkaian KRL saat tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019). Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi mengatakan pelayanan Kereta Api (KA) jarak jauh rencananya akan dipindah dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai, agar kapasitas pengguna KA semakin banyak. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI SELATAN - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) per tanggal 1 Desember 2019 mulai berlakukan jadwal baru perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2019 menggantikan yang sudah ada sebelumnya tahun 2017.

Dampak dari perubahan jadwal baru perjalanan KRL ini membuat sejumlah penumpang mengeluhkan minimnya sosialisasi, hingga mempengaruhi kepadatan penumpang di stasiun.

Candra (19) salah satunya, penumpang KRL yang biasa menggunakan kereta dari Stasiun Bekasi merasakan betul dampak perubahan jadwal moda transportasi masal tersebut.

Baca: KCI Sediakan Ruangan Pelayanan Disabilitas di Stasiun Juanda

"Biasanya berangkat dari Bekasi ke Stasiun Juanda, saya kuliah pagi kalau jadwal sebelumnya jam 05.45 WIB, terus pas berubah jadi 05.50, agak lebih siang sih," kata Candra di Stasiun Bekasi, Rabu, (4/12/2019).

Pada saat awal diterapkan jadwal, dia memang merasa agak kerepotan. Sebab, jadwal baru itu membuat dia tiba lebih siang dari biasanya ditambah kondisi stasiun yang jauh lebih padat.

"Ya hampir-hampir telat sih, biasanya sampai kampus jam 7 pas, kemarin pas ada perubahan jadwal jam setengah 8 kurang baru sampai kampus," ujarnya.

Perubahan Jadwal KRL, Tanah Abang Menuju Rangkas Bitung Menjadi 30 Menit Sekali

"Biasanya saya naik itu masih ada ruang geraklah ya, tapi pas jadwal baru jadi lebih padat si kemarin ngerasnya," tambahnya.

Dia berharap, perubahan jadwal ini dapat disosialisasikan lebih jelas dan mudah lagi agar setiap penumpang dapat memahami secara menyeluruh.

"Soalnya kan yang naik kreta banyak, lebih diatur lagi waktu dan keberangkatannya, saya baru tahu pas sudah diterapkan aja, kemarin-kemarin belum tahu kalau mau ada perubahan jadwal," jelas dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sanusi
Sumber: TribunJakarta
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas