Tribun

ILUNI UI Siapkan Community Disaster Response Team Antisipasi Banjir Susulan

Pembentukan tim ini menanggapi kebutuhan bantuan cepat tanggap dari berbagai daerah yang masih minim bantuan

Editor: Eko Sutriyanto
ILUNI UI Siapkan Community Disaster Response Team Antisipasi Banjir Susulan
istimewa
Community Disaster Response Team (APC) ILUNI UI memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Vila Nusa Indah, Jatiasih, Bekasi. 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI  - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI)  membentuk tim Community Disaster Response (CoDRT) untuk Tanggap Darurat Kebencanaan mengantisipasi banjir susulan.

Tim terdiri dari gabungan Alumni Peduli Center, Community Development Center, Alumni MENWA UI, Alumni MAPALA UI, dan ILUNI Fakultas di lingkungan UI.

Hal ini menyusul informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan ekstrem akan kembali terjadi pada 5-10 Januari 2020.

Ketua Umum ILUNI UI,  Andre Rahadian mengatakan,  pembentukan tim ini menanggapi kebutuhan bantuan cepat tanggap dari berbagai daerah yang masih minim bantuan.

"Tim ini sejak tanggal 1 Januari 2020, telah mengirimkan bantuan ke sejumlah titik di Jakarta, Bekasi dan Tangerang," kata Andre Rahadian dalam keterangan pers tertulis, Jumat (10/1/2020).

Baca: Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Jakarta

Baca: Kondisi Terkini Desa yang Terkena Banjir Bandang di Lahat Sumsel

Baca: Gerindra Sebut Ada Unsur Serangan Politik terhadap Anies Baswedan: Membaca Data Hanya di Permukaan

Di antaranya adalah di titik-titik yang mengalami dampak cukup parah dan masih minim bantuan pada saat itu, yaitu Vila Nusa Indah, Pondok Gede Permai dan Perumnas I Bekasi, di Mampang Pela dan Ciledug Indah.

Lebih lanjut Andre menjelaskan, selain membantu evakuasi warga, tim juga memberikan bantuan bahan makanan matang, bahan makanan pokok, perlengkapan bayi dan balita, peralatan sanitasi dan kebersihan, serta berbagai kebutuhan hidup lain yang diperlukankan pada saat kondisi darurat.

Andre juga menyebutkan, selain menyalurkan kebutuhan logistik, ketika air mulai surut tim juga membantu membersihkan rumah-rumah warga.

Di antara ratusan titik banjir yang tersebar, ada lima titik yang pada awal banjir melanda, mengalami dampak cukup parah namun minim bantuan. Lima titik tersebut adalah Villa Nusa Indah, Mampang Pela, Pondok Gede Permai, Perumnas I Bekasi, dan Ciledug Indah.

Baca: Kabupaten Indramayu Banjir, 500 Rumah Terendam Banjir, Warga Dievakuasi ke Balai Kota

Baca: Paket Seragam Sekolah dan Alat Kebersihan dari Gojek untuk Keluarga Terdampak Banjir

Baca: Federal Oil Tawarkan Solusi Ganti Oli Cuma Rp 10.000 untuk Motor Korban Banjir

Sementara itu, Ketua ILUNI UI, Endang Mariani mengatakan, ILUNI UI biasanya masuk dan membantu di daerah-daerah yang belum terjangkau atau minim bantuan.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas