Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPRD DKI Tetapkan 2 Agenda Soal Pemilihan Wagub di Awal Februari

Setidaknya pada awal bulan Februari, akan digelar dua agenda terkait proses pemilihan wagub DKI

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in DPRD DKI Tetapkan 2 Agenda Soal Pemilihan Wagub di Awal Februari
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (30/1/2020) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengatakan proses penentuan wakil gubernur terpilih tinggal sebentar lagi.

Setidaknya pada awal bulan Februari, akan digelar dua agenda terkait proses pemilihan wagub DKI.

Baca: Kasus Remaja Dijadikan Budak Seks: Disiksa, Dicekoki Miras dan Dipaksa Layani 4 Pria Sehari

Taufik menjelaskan, pada Selasa tanggal 4 Februari 2020 DPRD DKI akan menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk memantapkan tata tertib soal proses pemilihan tersebut.

Lalu pada tanggal 6 Februari 2020, digelar rapat paripurna agenda pengesahan tata tertib dan pembentukan panitia pemilihan (panlih) wagub DKI.

"Sebentar lagi. Pokoknya tanggal 4 (Februari) rapimgab berkaitan dengan tata tertib, kemudian tanggal 6 (Februari) kalau nggak salah nanti paripurna," ungkap Taufik saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (30/1/2020).

BERITA REKOMENDASI

Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra ini mengaku mempersilakan bagi pihak yang mau menggelar uji kepatutan dan kelayakan soal sosok yang didorong sebagai cawagub DKI.

Hanya, ia mempertanyakan apa bentuk dari uji kepatutan dan kelayakan tersebut, serta siapa pihak yang dilibatkan selain dua kontestan cawagub.

Pasalnya lanjut Taufik, ketika panitia pemilihan sudah dibentuk nantinya mereka yang akan menyusun jadwal penyampaian visi dan misi kandidat.

Taufik menilai kegiatan itu sama saja seperti uji kepatutan dan kelayakan karena di dalamnya dipastikan terjadi perdebatan.

"Fit and proper bentuknya itu seperti apa? Dengan siapa? Silakan saja mau pakai fit and proper, mau menyampaikan visi-misi itu kan sama saja," jelasnya.

"Kalau dengan dewan itu kan ada panlih, panlih nanti yang menetapkan ada penyampaian visi-misi, penyampaian visi-misi kan ada perdebatan," pungkas dia.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menyampaikan surat rekomendasi dua nama cawagub ke DPRD DKI.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas