Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ikuti Jejak DKI Jakarta, Depok Liburkan Siswa 2 Pekan untuk Cegah Penularan Virus Corona

Melalui surat edaran nomor 443/132-Huk/Dinkes, tetruang di poin satu yang menyatakan bahwa kegiatan belajar diliburkan selama kurang lebih dua pekan.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ikuti Jejak DKI Jakarta, Depok Liburkan Siswa 2 Pekan untuk Cegah Penularan Virus Corona
TRIBUN JAKARTA/DWI PUTRA KESUMA
Surat edaran Wali Kota Depok terkait peliburan anak sekolah untuk sementara waktu untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK -  Wali Kota Depok Mohammad Idris meliburkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di seluruh sekolah di Kota Depok sebagai bentuk tindak lanjut pencegahan virus corona.

Melalui surat edaran nomor 443/132-Huk/Dinkes, tetruang di poin satu yang menyatakan bahwa kegiatan belajar diliburkan selama kurang lebih dua pekan.

“Seluruh sekolah TK/RA, SD/MI, dan SMP/MTS, SMP/MA di Kota Depok, untuk meliburkan siswa dan mengganti dengan kegiatan belajar di rumah mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 28 Maret 2020,” tulis Idris dalam surat edaran yang diterima TribunJakarta.com, Sabtu (14/3/2020).

Lanjut Idris, dalam poin ke-dua surat edaran tersebut disebutkan bahwa seluruh kegiatan perlobaan pendidikan di Kota Depok agar ditunda untuk sementara waktu.

Baca: Dua Alasan Kuat Gubernur Anies Baswedan Liburkan Sekolah di DKI Jakarta Selama 2 Pekan

Selanjutnya pada poin ke-tiga, kegiatan pendidikan di luar kelas seperti study tour atau pun outing class ditunda hingga batas waktu yang ditentukan.

“Seluruh satuan pendidikan di Kota Depok agar menunda pelaksanaan kegiatan outing class/study tour,” bunyi poin ke-tiga tersebut. 

Baca: Virus Corona Bikin Kekayaan Banyak Miliuner Indonesia Rontok Sekejap, Siapa Saja?

BERITA TERKAIT

Untuk diketahui, kebijakan meliburkan anak sekolah untuk pencegahan virus corona ini telah lebih dulu diterapkan di DKI Jakarta.

Usul Kegiatan Belajar di Sekolah Ditiadakan

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengusulkan agar kegiatan belajar diseluruh sekolah di Kota Depok, Jawa Barat, ditiadakan sementara waktu.

Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona yang kasusnya setiap hari kian bertambah banyak di sejumlah daerah.

Dikonfirmasi pewarta, Pradi berharap usulan tersebut bisa direalisasikan dan menjadi atensi agar diputuskan dalam waktu sesegera mungkin.

“Sedang diusulkan ke Wali Kota agar sekolah di Depok diliburkan. Saya juga akan segera membahas ini dengan dinas terkait,” ujar Pradi, Sabtu (14/3/2020).

Meski kegiatan belajar mengajar ditiadakan di sekolah, namun Pradi berharap para peserta didik tetap dapat mengikuti kegiatan belajar melalui metode jarak jauh (online).

“Bisa dengan metode online, atau memberikan tugas pelajaran sekolah di rumah. Ini sama dengan yang diterapkan di perguruan tinggi saat ini,” tambahnya.

Selain untuk mencegah penyebaran virus corona di Depok, menurut Pradi usulan tersebut adalah untuk menjaga keselamatan para warganya.

“Bukan maksudnya kita langkah atau mengikuti ya, ini UI dan kampus besar lainnya juga sudah menerapkan metode itu (belajar jarak jauh). Ini kita lakukan karena kita sayang sama masyarakat kita. Kita sayang dengan anak-sehat Depok,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Susul DKI Jakarta, Depok Liburkan Murid Sekolah Buntut Kasus Virus Corona

Penulis: Dwi putra kesuma

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas