Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPRD DKI Buka Opsi Pakai Teleconference untuk Pemaparan Visi-Misi Cawagub

Panitia Pemilihan Wagub DKI mengkaji beberapa teknis yang mungkin diterapkan dalam proses tahapan akhir voting di DPRD DKI.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in DPRD DKI Buka Opsi Pakai Teleconference untuk Pemaparan Visi-Misi Cawagub
YouTube Najwa Shihab
Cawagub DKI Jakarta Nurmansjah Lubis PKS dan Riza Patria Gerindra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Pemilihan Wagub DKI mengkaji beberapa teknis yang mungkin diterapkan dalam proses tahapan akhir voting di DPRD DKI.

Salah satu yang dikaji adalah penggunaan video teleconference atau percakapan jarak jauh pada sesi penyampaian visi - misi dua cawagub. Hal ini jadi salah satu opsi bentuk social distancing yang bisa diterapkan.

Pemaparan visi - misi bagi kedua cawagub DKI adalah bagian dari pemilihan, dan dilakukan sebelum pemungutan suara.

"Visi misi kita usulkan menggunakan teknologi teleconference, jadi tidak ada kehadiran fisik, namun tetap diselenggarakan," kata Ketua Panlih Wagub DKI Farazandi Fidinansyah saat dikonfirmasi, Jumat (27/3/2020).

Penggunaan teleconference dianggap bisa memangkas durasi pelaksanaan rapat paripurna.

Mengingat, protokol dari Dinas Kesehatan DKI penyelenggaraan rapat tak boleh lebih dari dua jam. Oleh karena itu beberapa hal perlu disederhanakan demi menghemat waktu.

"Kami hanya punya waktu segitu, jadi kami mengusulkan cara itu untuk memaksimalkan rekomendasi tersebut, makanya beberapa rangkaian kami sederhanakan lagi," ucap dia.

BERITA TERKAIT

Penggunaan video teleconference juga dilakukan untuk mengurangi aktivitas tatap muka dalam ruang rapat paripurna. Sehingga nantinya mekanisme dalam tahapan akhir itu tinggal sesi pembukaan, pencoblosan, penghitungan dan penetapan wagub terpilih.

"Durasinya kan hanya dua jam, kita terapkan pembukaan, pencoblosan, penghitungan, sampai penetapan Wagub," pungkas Farazandi.

Diketahui, rapat paripurna agenda pemilihan wagub DKI akan dilangsungkan pada 6 April 2020 di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat.

Tanggal pemilihan ditetapkan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang berlangsung pada Kamis (26/3) kemarin.

Ada dua calon wakil gubernur DKI yang akan dipilih dalam paripurna nanti. Mereka adalah Ahmad Riza Patria dari Gerindra, dan Nurmansjah Lubis usungan PKS.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas