Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Bahaya Mudik Diam-diam di Bagasi Bus Menurut Pakar Keselamatan Berkendara

Jika bagasi ditempati oleh manusia, tidak menutup kemungkinan saat terjadi kebocoran knalpot dapat meracuni pemudik yang menempati.

Editor: Sanusi
zoom-in Ini Bahaya Mudik Diam-diam di Bagasi Bus Menurut Pakar Keselamatan Berkendara
Dokumentasi Polda Metro Jaya via Kompas.com
Polisi menemukan enam pemudik tujuan Jawa Tengah yang nekat bersembunyi di dalam bus dan kamar mandi bus AKAP guna menghindari pemeriksaan di pos penyekatan. Peristiwa tersebut terjadi di pos pengamanan Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi, Rabu (29/4/2020) pukul 22.00. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar Keselamatan Berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengungkap risiko mudik diam-diam di bagasi bus yang dilakukan masyarakat akibat pelarangan mudik.

"Sengsara membawa nikmat itu, nggak ada alternatif ya. Sekarang gini, kita harus tahu dulu bahwa yang namanya bagasi itu kan memang di desain pengap, gelap dan tidak ada udara dan itu bukan untuk tempatnya makhluk hidup tempatnya barang," tutur Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, Senin (4/5/2020).

Baca: Cerita Pramugari Nganggur di Tengah Wabah Corona, Ada yang Isi Waktu Sambil Jualan Kue

Baca: Mendirikan Salat Tapi Allah Masih Kategorikan Orang Celaka, Berikut Tafsir Surat Al-Maun 4-7

Sony menyebut dirinya pernah menaruh barang di barang di bagasi bus Damri jurusan Bandara Soekarno-Hatta.

Ketika menaruh barang, ia mencium bau knalpot di bagasi tersebut.

Jika bagasi ditempati oleh manusia, tidak menutup kemungkinan saat terjadi kebocoran knalpot dapat meracuni pemudik yang menempati.

"Saya enggak tahu bus-bus yang digunakan itu seperti itu atau tidak. Tetapi yang saya tahu bahwa desain bus yang saat ini tidak serapih itu," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Risiko mudik di bagasi bus lainnya ialah penumpang tidak akan tahu kondisi jalan dan lalu lintas yang ada selama perjalanan.

"Artinya kalau kita mau bicara safety ya kita bicara healthy. Nggak sehat kenapa? Karena dia nggak tahu bagaimana kondisi lalu lintas, paling tidak kapan si supir itu ngerem, kapan manuver, kapan menghindar, kapan kena benturan, kapan ada kebocoran knalpot dan sebagainya. Mudik seperti itu sangat tidak dianjurkan," imbuh Sony.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas