Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

CFD Pertama di Masa Pandemi Hari Ini Langsung Dipadati Warga Ibu Kota, Begini Tanggapan Polisi

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) kembali digelar di Jalan Sudirman - MH Thamrin pada hari ini, Minggu (21/6/2020).

CFD Pertama di Masa Pandemi Hari Ini Langsung Dipadati Warga Ibu Kota, Begini Tanggapan Polisi
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Warga bersepeda melintasi jalur sepeda yang telah dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (14/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga sekarang masih meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) saat akhir pekan di Jakarta. Namun, Pemprov DKI menyiapkan satu jalur khusus untuk sepeda di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin di Jakarta Pusat yang mulai dibuka pada Minggu ini. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - NHari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) kembali digelar di Jalan Sudirman - MH Thamrin pada hari ini, Minggu (21/6/2020) dan langsung dibanjiri warga.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan evaluasi terkait pelaksanaan CFD sepenuhnya ada di tangan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Jika keramaian itu dikhawatirkan jadi penularan virus Corona, maka pemerintah provinsi Jakarta bisa mengevaluasi terkait pelaksanaan tersebut.

"Keputusan itu ada di gubernur. Kalau memang Pemda DKI Jakarta masih dibuka maka kita akan amankan," kata Sambodo kepada wartawan, Minggu (21/6/2020).

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan pihak kepolisian hanya bertugas mengamankan setiap kegiatan yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sedangkan keputusan kebijakan strategis ada di Pemerintah Daerah setempat.

"Kita hanya mengamankan," ujarnya.

Baca: Kisah Begal Sepeda di Panglima Polim, Penangkapan Pelaku Oleh Polisi Berkat Bantuan Orangtuanya

Antusias masyarakat di CFD hari ini nampak terlihat dari keramaian Minggu pagi. Pengamatan Tribunnews.com, di lokasi pengguna sepeda untuk olahraga masih lebih banyak ketimbang warga yang berjalan kaki.

Baca: Mantan Bos Google: Huawei Terlibat dalam Praktik yang Langgar Keamanan Nasional AS

Jalur pop up bike juga tersedia di dua ruas Jalan Sudirman - MH. Thamrin yang dibatasi traffic cone.

Penggunaan pop up bike ini membuat pelari dan pesepeda tidak bercampur karena dipisah dengan pembatas.

Baca: Tips Melintasi Tanjakan Curam Saat Mengemudikan Mobil

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas