Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Jam Istirahat Momen Rawan, Risiko Penyebaran Covid-19 Paling Besar Terjadi di Kantin Kantor

Di meja makan kantin, misalnya, saat semua orang makan, tak ada yang mengenakan masker

Jam Istirahat Momen Rawan, Risiko Penyebaran Covid-19 Paling Besar Terjadi di Kantin Kantor
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Gedung perkantoran berdiri megah du Kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (13/1/2016). Pasokan ruang perkantoran di Jakarta dan sekitarnya bakal melonjak pada 2017. Hal tersebut terlihat dari proyek-proyek gedung perkantoran yang saat ini dibangun oleh para pengembang properti. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta paling banyak ditemukan di tempat kerja yang kini menjadi klaster perkantoran.

Berdasarkan data hingga Selasa (28/7/2020) kemarin, ada 440 karyawan di 68 perkantoran di Ibu Kota yang terinfeksi virus corona.

Baca: Munculnya Banyak Klaster Baru Covid-19 di Perkantoran Adalah Ironi

Menurut pakar epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono, jumlah itu diperkirakan lebih besar sebab banyak perkantoran yang tidak transparan soal kasus Covid-19 yang terjadi di lingkungannya.

Dengan adanya fenomena itu, para pegawai kantoran di Jakarta mesti ekstrawaspada.

Pandu menilai, ada beberapa tips yang bisa dilakukan para pegawai di kantor guna mengurangi potensi tertular Covid-19 dari rekan kerja.

"Kuncinya waspada. Jangan terlalu lama di kantor, jangan terlalu lama mengobrol di kantor. Pakai masker saat ngobrol. Ngobrol pun jarak jauh saja," kata Pandu ketika dihubungi pada Selasa.

"Orang itu seringkali begitu masuk kantor, bertemu dengan temannya, mereka melepas masker. Padahal tidak tahu kan mereka rumahnya di mana-mana saja," ujar dia.

Sirkulasi Udara Buruk

Pandu menyebutkan, potensi paling rawan penularan virus corona terjadi ketika sirkulasi udara di ruangan kantor kurang berjalan lancar.

Kondisi ini semakin rawan jika ada banyak orang di ruangan itu, dan mereka semua berbicara, tanpa mengenakan masker karena merasa aman.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas