Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bertambah, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Klaster Pabrik Epson Cikarang Jadi 398 Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, hingga Selasa (22/9/2020) sudah ada 398 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Bertambah, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Klaster Pabrik Epson Cikarang Jadi 398 Orang
shutterstock
Ilustrasi corona virus (Covid-19) 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Kasus positif Covid 19 dari klaster pabrik PT Indonesia Epson Industry, Kawasan Insutri EJIP, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi bertambah.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, hingga Selasa (22/9/2020) sudah ada 398 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini bertambah 29 kasus dibanding kemarin, Senin, (21/9/2020) sebanyak 269 orang.

Menurut Alamsyah, penambahan kasus kemungkinan akan terus terjadi seiring dengan kontak tracing yang dilakukan perusahaan dan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Kontak tracing terus dilakukan, sampai saat ini masih ada yang belum keluar hasilnya," ungkap Alamsyah, Selasa, (22/9/2020).

Baca: 869 Buruh Kabupaten Bekasi Positif Covid-19, Tersebar di 46 Perusahaan, Paling Banyak di PT Epson

Dari total 398 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di klaster Pabrik Epson, sebagian besar merupakan warga Kabupaten Bekasi.

Sebagai rincian, 273 karyawan merupakan warga Kabupaten Bekasi dan 125 sisanya merupakan pekerja yang tinggal di luar Kabupaten Bekasi.

BERITA TERKAIT

"Warga Kabupaten Bekasi (mayoritas), selebihnya ada yang tinggal di Kota Bekasi, Karawang, Jakarta," paparnya.

Sebelumnya, kasus klaster industri sempat terjadi di sejumlah perusahaan di wilayah Kabupaten Bekasi.

Kasus penularan Covid-19 di PT Epson Cikarang, menambah daftar temuan klaster industri di Kabupaten Bekasi dalam beberapa bulan terakhir.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah
Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Penularan Muncul Akibat Kunjungan Pihak Luar

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, kronologis awal temuan kasus ini bermula dari informasi satu di antara perusahaan terkait temuan karyawan positif Covid-19, pada Selasa, (15/9/2020).

"Awalnya kami mendapat informasi salah satu perusahaan di Kawasan Industri EJIP, atas laporan itu kami melakukan investigasi," kata Alamsyah, Senin, (21/9/2020).

Dari investigasi itu, Gugus Tugas Covid-19 memperoleh data bawah, pada awal September telah terjadi pertemuan di PT Indonesia Epson Industry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas