Tribun

Virus Corona

Dijemput Menggunakan Bus Sekolah, 7 Pasien Covid-19 di Sawah Besar Dibawa ke RSD Wisma Atlet

Para pasien itu merupakan pengantaran tahap pertama pasien Covid-19 dari Puskesmas Sawah Besar ke RSD Wisma Atlet, sisanya 5 pasien dijemput besok.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Dijemput Menggunakan Bus Sekolah, 7 Pasien Covid-19 di Sawah Besar Dibawa ke RSD Wisma Atlet
Warta Kota/Desy Selviany
Penjemputan pasien positif virus corona atau Covid-19 di Puskesmas Sawah Besar, Jakarta Pusat, menggunakan bus sekolah, Sabtu (26/9/2020). Mereka akan dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bus Sekolah yang diparkir di depan Puskesmas Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2020) sore.

Kemudian satu per satu pasien virus corona atau Covid-19 naik ke dalam Bus Sekolah tersebut.

Mereka akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pasien ini  hanya membawa barang pribadinya menggunakan tas dan kantong besar.

Semua pasien yang memakai masker dituntun masuk ke dalam bus kuning, yang mesinnya sudah dinyalakan di depan Pintu Utama Puskesmas Sawah Besar.

Sopir bus sekolah memakai alat pelindung diri (APD) lengkap saat membawa orang tanpa gejala (OTG) di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta, Rabu (23/9/2020). Sejumlah unit bus sekolah kini dialihfungsikan menjadi kendaraan untuk mengantar pasien Covid-19 berstatus OTG dari puskesmas ke RS Darurat Wisma Atlet seiring meningkatnya kasus baru virus corona di Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Sopir bus sekolah memakai alat pelindung diri (APD) lengkap saat membawa orang tanpa gejala (OTG) di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta, Rabu (23/9/2020). Sejumlah unit bus sekolah kini dialihfungsikan menjadi kendaraan untuk mengantar pasien Covid-19 berstatus OTG dari puskesmas ke RS Darurat Wisma Atlet seiring meningkatnya kasus baru virus corona di Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Seorang petugas berpakaian lengkap Alat Pelindung Diri (APD) mengecek pasien-pasien yang sudah duduk di dalam minibus tersebut.

Tidak sampai lima menit, seorang sopir bus yang juga memakai APD masuk ke dalam bus.

Bus itu pun melaju didampingi satu mobil milik Dishub DKI dan satu ambulans.

Menurut PLH Satuan Pelayanan Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dishub DKI Jakarta Rizal Fauzi,  kali ini pihaknya mengantarkan tujuh pasien Covid-19.

"Hari ini ada tujuh pasien yang akan dibawa ke RSD Wisma Atlet," ujar Rizal saat hendak berangkat mengantarkan pasien ke Wisma Atlet.

Ketujuh pasien ini nantinya akan dirawat di tower 4 RSD Wisma Atlet.

Para pasien itu merupakan pengantaran tahap pertama pasien Covid-19 dari Puskesmas Sawah Besar ke RSD Wisma Atlet.

Tenaga medis mendampingi orang tanpa gejala (OTG) menaiki bus sekolah di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta, Rabu (23/9/2020). Sejumlah unit bus sekolah kini dialihfungsikan menjadi kendaraan untuk mengantar pasien Covid-19 berstatus OTG dari puskesmas ke RS Darurat Wisma Atlet seiring meningkatnya kasus baru virus corona di Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Tenaga medis mendampingi orang tanpa gejala (OTG) menaiki bus sekolah di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta, Rabu (23/9/2020). Sejumlah unit bus sekolah kini dialihfungsikan menjadi kendaraan untuk mengantar pasien Covid-19 berstatus OTG dari puskesmas ke RS Darurat Wisma Atlet seiring meningkatnya kasus baru virus corona di Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Rencananya Minggu (26/9/2020) besok, UPAS akan kembali mengantarkan pasien Covid-19 dari Puskesmas Sawah Besar ke RSD Wisma Atlet.

"Sisanya besok lima pasien lagi akan kami antar menggunakan Bus Sekolah untuk ke RSD Wisma Atlet," ucap Rizal.

Menurut dia, total ada 11 pasien Covid-19  dari Sawah Besar yang akan dirujuk ke RSD Wisma Atlet Kemayoran.

Seperti diberitakan sebelumnya  Bus Sekolah dikerahkan untuk evakuasi pasien Covid-19 ke rumah sakit rujukan virus corona.

Pasien virus corona akan dijemput dari puskesmas sesuai protokol kesehatan yang berlaku. 

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul 7 Pasien Virus Corona di Sawah Besar Naik Bus Sekolah saat Dievakuasi ke Wisma Atlet

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas