Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Bekasi yang Bandel Keluar Rumah Tak Pakai Masker Didenda Rp 100 Ribu Sampai Rp 50 Juta

Sanksi denda Rp 100 ribu bagi warga yang kedapatan tidak mengenakan masker saat aktivitas di luar rumah.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Warga Bekasi yang Bandel Keluar Rumah Tak Pakai Masker Didenda Rp 100 Ribu Sampai Rp 50 Juta
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
ILUSTRASI Warga mengenakan masker melintasi mural bertema Selamatkan Bumi Kita dari Corona di salah satu gang di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/12/2020). Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - DPRD dan Pemkot Bekasi mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) adaptasi tatanan hidup baru (ATHB) menjadi Peraturan Daerah (Perda) tentang Penanganan Covid-19.

Dalam Perda itu terdapat sejumlah sanksi yang dicantumkan untuk penindakan terhadap warga yang melanggar protokol kesehatan (prokes).

Perda Penanganan Covid-19 Pemkot Bekasi ini mencantumkan sanksi denda Rp 100 ribu bagi warga yang kedapatan tidak mengenakan masker saat aktivitas di luar rumah.

Sanksi denda tersebut tertuang pada Pasal 51 poin (a), yang berbunyi, "Setiap orang yang telah diberikan sanksi administratif sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 ayat (1) namun tetap melakukan pelanggaran dipidana kurungan paling lama 7 (tujuh) hari dan/atau denda paling banyak Rp100.000,00 (Seratus ribu rupiah)," .

Sedangkan Pasal 35 ayat (1) yang dimaksud berisi sanksi administratif berupa, teguran lisan atau tulisan; kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum.

Baca juga: Begal Sepeda Bercelurit Beraksi di Bekasi, Sepeda Puluhan Juta Milik Rizki Sempat Diambil Pelaku

Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman J. Putro mengatakan, perda ATHB merupakan dasar hukum yang dibuat untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap percepatan penanganan pandemi Covid-19.

"Perda ini tidak ada maksud lain kecuali untuk mendorong warga mempercepat kesadaran mereka untuk mematuhi protokol kesehatan. Sederhana sekali (mematuhi prokes), 3M (memalai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) ini perlu di galakan karena kita tidak tahu kapan covid ini berakhir," tambah dia.

BERITA TERKAIT

Dalam perda tersebut, dicantumkan ketentuan pidana atau sanksi bagi pelanggar Pasal 51. 

Sanksi denda bervariasi paling kecil Rp100 ribu dan paling besar Rp50 juta.

Besaran denda disesuikan pada objek hukum, misalnya denda Rp100 ribu dikenakan untuk pelanggar perorangan yang melanggar prokes.

Sedangkan denda paling besar yakni, Rp50 juta dikenakan kepada objek hukum misalnya, penanggung jawab hotel atau tempat usaja sejenis yang kedapatan melanggar prokes.

Baca juga: 3 Pembobol ATM Ditangkap Setelah Terjebak Rombongan Patroli Kapolres Bekasi Saat Malam Natal

Chairoman menambahkan, sebelum adanya perda, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melakukan penindakan dengan dasar peraturan wali kota.

Menurutnya dasar itu tidak bisa dibenarkan jika dikemudian hari ada pelanggaran yang berulang dan perlu sanksi denda atau pidana.

"Kota Bekasi ini membuat payung hukum yang dapat dibenarkan secara protokol perundangan yaitu Perda. Jadi apapun namanya denda, sanksi di negara demokrasi tidak bisa berpegang pada perwal atau pergub," tegasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Warga Kota Bekasi Tak Pakai Masker di Luar Rumah Siap-siap Kena Denda Rp100 Ribu Atau Dipenjara

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas