Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Babak Baru Dugaan Penyiksaan 3 Monyet Liar, Youtuber Rian Bakal Dipolisikan ke Polres Jaksel 

Kasus penyiksaan 3 ekor monyet liar yang dilakukan YouTuber Rian Mardiansyah berbuntut panjang, dia bakal dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Babak Baru Dugaan Penyiksaan 3 Monyet Liar, Youtuber Rian Bakal Dipolisikan ke Polres Jaksel 
Tribunnews/Istimewa/JAAN
Ada dugaan melakukan eksploitasi kepada hewan peliharaannya, 3 monyet milik Youtuber Agung Satwa disita petugas. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus penyiksaan tiga ekor monyet liar yang dilakukan YouTuber Rian Mardiansyah berbuntut panjang.

Memasuki babak baru, Youtuber yang memiliki channel bernama "Abang Satwa" itu bakal dilaporkan ke polisi.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan, Hasudungan, mengatakan pihaknya masih membahas rencana pelaporan Rian bersama Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

"Kami sedang koordinasi dengan pelapor, koordinasi dengan JAAN karena memang mereka pernah melapor kasus tersebut," kata Hasudungan saat dikonfirmasi, Kamis (4/2/2021).

Petugas menyita tiga ekor monyet liar yang diduga disiksa oleh seorang Youtuber di Jagakarsa, Jakarta Selatan./Dok Sudin KPKP Jaksel
Petugas menyita tiga ekor monyet liar yang diduga disiksa oleh seorang Youtuber di Jagakarsa, Jakarta Selatan./Dok Sudin KPKP Jaksel (TribunJakarta/Annas Furqon Hakim)

Rencananya, jelas Hasudungan, pelaporan terhadap Youtuber Rian Mardiansyah akan diproses di Polres Metro Jakarta Selatan.

"Sesuai kesepakatan, besok akan kami bahas terkait pelaporannya," ujar dia.

Rian melakukan penyiksaan kepada monyet-monyet tersebut, kemudian direkam dan diunggah ke channel Youtube-nya "Abang Satwa".

BERITA TERKAIT

"Jadi macam-macam bentuk penyiksaannya. Ada yang dia lempar petasan di kuping (monyet)," kata Hasudungan.

Selain itu, Hasudungan menyebut Rian juga menyuruh anak-anak untuk melakukan kekerasan terhadap monyet-monyet liar tersebut.

"Anak-anak kecil disuruh buat tampar-tampar monyetnya. Saya belum nonton banyak videonya, tapi sadis-sadis kelihatannya," ungkap dia.

Baca juga: Youtuber di Jagakarsa Diduga Siksa 3 Monyet Liar, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan KPKP Turun Tangan

Sementara itu, Founder Wildlife Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Femke, mengungkapkan Rian juga memberikan makanan yang tidak wajar kepada tiga ekor monyetnya.

"Dia memberikan makanan yang aneh-aneh seperti cabai, kemudian dia ambil video lalu di share. Bisa dibilang monyetnya tersiksa ya," ujar Femke.

Ia menilai Rian tidak seharusnya memelihara hewan liar dan membuatnya sebagai konten YouTube.

"Mungkin bagi dia hal yang lucu, buat hiburan. Tapi bagi kita yang ahli dalam perlindungan satwa liar, jelas melihat monyet ini terekspose terhadap kekerasan. Ini makhluk hidup dan sangat kejam sekali kalau terekspose terhadap hal-hal seperti ini," ucap dia.

Ada dugaan melakukan eksploitasi kepada hewan peliharaannya, 3 monyet milik Youtuber Agung Satwa disita petugas.
Ada dugaan melakukan eksploitasi kepada hewan peliharaannya, 3 monyet milik Youtuber Agung Satwa disita petugas. (Tribunnews/Istimewa/JAAN)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas