Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Ibadat Jumat Agung, TNI-Polri Fokus Pengamanan di 6 Titik Gereja Katedral Jakarta

Untuk mengamankan jalannya ibadat Jumat Agung ini, setidaknya akan melibatkan 150 personel kemanan gabungan dari TNI-Polri.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jelang Ibadat Jumat Agung, TNI-Polri Fokus Pengamanan di 6 Titik Gereja Katedral Jakarta
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Dua kendaraan taktis (rantis) Panser Anoa 6x6 milik TNI AD yang disiagakan di depan Gereja Katedral Jakarta jelang Jumat Agung, Jumat (2/4/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolsek Sawah Besar AKBP Maulana Mukarom mengatakan, untuk ibadat Jumat Agung hari ini akan ada enam titik di Gereja Katedral Jakarta yang dijadikan fokus penjagaan.

Satu di antaranya adalah di area parkir Basement Masjid Istiqlal, karena wilayah tersebut menjadi akses jemaat Gereja untuk memarkir kendaraan.

"Pengamanan ada kurang lebih 6 titik yang dipantau, baik itu di samping Gereja Katedral terus ada di Basement Masjid Istiqlal," tutur Maulana kepada awak media di Gereja Katedral Jakarta, Jumat (2/4/2021).

Untuk mengamankan jalannya ibadat Jumat Agung ini, setidaknya akan melibatkan 150 personel kemanan gabungan dari TNI-Polri.

Pengamanannya sendiri sudah dilakukan sejak pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Jelang Perayaan Jumat Agung, TNI-Polri Lakukan Penyisiran di Gereja Katedral Jakarta

Baca juga: Dijaga Ketat Polisi, Begini Suasana Ibadah Kamis Putih di Gereja Katedral Jakarta

"Kalau untuk keseluruhan kita ada sekitar hampir sama seperti kemarin kurang lebih ada 150 personel," kata dia

BERITA TERKAIT

Maulana juga menyebut, aparat keamanan akan menyiagakan unit Penjinak Bom (Jibom) selama 24 jam di dalam Gereja Katedral Jakarta

Hal ini dilakukan guna meningkatkan keamanan jelang peribadatan Jumat Agung sore ini.

"Kami ada pasukan gabungan dari TNI-Polri, terus ada dari Brimob, kemudian Jibom yang 1x24 jam standby di dalam gereja," ujarnya.

Sebelumnya, aparat gabungan dari TNI-Polri juga telah melakukan penyisiran di sekitaran salah satu Gereja yang dijadikan prioritas keamanan itu.

Dua kendaraan taktis (rantis) Panser Anoa 6x6 milik TNI AD yang disiagakan di depan Gereja Katedral Jakarta jelang Jumat Agung, Jumat (2/4/2021).
Dua kendaraan taktis (rantis) Panser Anoa 6x6 milik TNI AD yang disiagakan di depan Gereja Katedral Jakarta jelang Jumat Agung, Jumat (2/4/2021). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Pantauan Tribunnews.com di lokasi sekira pukul 11.05 WIB para aparat keamanan masuk melalui pintu empat yang terdapat di sisi kiri Gereja Katedral.

Terpantau para personel masuk dengan membawa senjata dan pakaian lengkap.

Guna memastikan keamanan jelang dilakukannya ibadat Jumat Agung.

Tepat di depan Gereja Katedral Jakarta juga sudah terparkir dua kendaraan taktis (rantis) panser Anoa ukuran 6x6 milik TNI AD.

Kedua panser Anoa ini terparkir sejajar di jalan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Ibadat Jumat Agung dalam rangkaian hari raya Paskah 2021 ini akan dimulai pukul 15.00 WIB secara tatap muka, dipimpin langsung oleh Uskup Ignatius Kardinal Suharyo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas