Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rikando Somba - Yulis Sulistyawan Kembali Pimpin AMSI DKI Jakarta

Selain pemilihan Ketua dan Sekretaris, Konferwil II beragenda penyampaian laporan pertanggungjawaban dan kegiatan pengurus AMSI DKI Jakarta.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Rikando Somba - Yulis Sulistyawan Kembali Pimpin AMSI DKI Jakarta
Istimewa
Pemimpin Redaksi Validnews.id, Rikando Somba dan Yulis Sulistyawan (Dewan Redaksi sekaligus General Manager Tribunnews.com) terpilih kembali sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI DKI Jakarta untuk periode 2021-2021. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin Redaksi Validnews.id, Rikando Somba dan Yulis Sulistyawan (Dewan Redaksi sekaligus General Manager Tribunnews.com) terpilih kembali sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI DKI Jakarta untuk periode 2021-2021.

Pemilihan berlangsung dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-2 yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DKI Jakarta secara hybrid, luring dan daring.

Pemilihan pasangan ketua-sekretaris yang berlangsung secara aklamasi in, dihadiri 39 pemimpin redaksi atau perwakilan mewakili media online anggota AMSI DKI Jakarta, serta sejumlah Pengurus AMSI Pusat.

Sebelumya, saat membuka acara, Ketua Umum AMSI Pusat Wenseslaus Manggut mengingatkan tantangan yang dihadapi oleh media online yang tergabung dalam AMSI semakin besar.

Ia menekankan media online harus terus mencari format baru dalam penyampaian berita dan pendekatan kepada narasumber.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menerima 2.725 paket suplemen dari Pyridam Farma untuk didistribusikan ke media anggota AMSI di 21 provinsi, Rabu (7/4/2021).
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menerima 2.725 paket suplemen dari Pyridam Farma untuk didistribusikan ke media anggota AMSI di 21 provinsi, Rabu (7/4/2021). (Istimewa)

Wenseslaus mengingatkan semakin marak tokoh atau publik figur secara perorangan, yang justru menjadi tempat narasumber menyampaikan informasi dan gagasan-gagasannya melalui podcast dan channel Youtube.

"Ini menjadi tantangan sendiri untuk media online, yang perlu dipikirkan ke depan karena media daerah melihat media di Jakarta sebagai contoh," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Selain pemilihan Ketua dan Sekretaris, Konferwil II beragenda penyampaian laporan pertanggungjawaban dan kegiatan pengurus AMSI DKI Jakarta periode 2017-2020.

Dalam laporan pertanggungjawabannya, Rikando Somba, selaku Ketua AMSI DKI periode 2017-2020 menyampaikan bahwa di masa kepengurusan 2017-2020, banyak hal positif terjadi.

Salah satu di antaranya terkait penambahan anggota.

Baca juga: AMSI: Industri Media Tiba-tiba Harus Ikuti Cara Kerja Algoritma yang Seringkali Ganggu Kualitas

"Kini bertambah 9 anggota baru, sehingga AMSI DKI Jakarta menjadi wilayah dengan anggota terbanyak, yakni 62 media. Juga tercatat 8 media lain yang saat ini masih dalam proses verifikasi untuk menjadi anggota baru AMSI DKI Jakarta," kata Rikando Somba, Sabtu (10/3/2021).

Selain itu, pada 2020, AMSI DKI Jakarta juga terlibat dalam penegasan legitimasi eksistensi organisasi, sehingga AMSI mendapat pengakuan secara resmi sebagai konstituen Dewan Pers.

"Verifikasi faktual AMSI DKI Jakarta dan AMSI Nasional, bisa dilangsungkan bersamaan. Begitu halnya, pendampingan verifikasi media-media anggota juga dilakukan," ujarnya.

Meski begitu ada pekerjaan rumah yang masih perlu diselesaikan karena target program kerja yang belum optimal. Di antaranya penguatan bisnis media anggota.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas