Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

Polda Metro dan Kodam Jaya Koordinasi dengan Sejumlah Polda Siapkan Swab Test di Pos Penyekatan

Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menyusun langkah-langkah untuk mengamankan arus balik Lebaran Idul Fitri

Polda Metro dan Kodam Jaya Koordinasi dengan Sejumlah Polda Siapkan Swab Test di Pos Penyekatan
Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas gabungan melakukan penyekatan pemudik di Pos Gamon, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (8/5/2021) malam. Dalam penyekatan pemudik yang mayoritas pengendara roda dua tersebut, pemudik diarahkan untuk memutar balik menuju Jakarta, namun banyak pemudik yang menerobos penyekatan ini. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menyusun langkah-langkah untuk mengamankan arus balik Lebaran Idul Fitri.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Timur untuk melaksanakan pemeriksaan guna memastikan warga yang kembali ke Jakarta membawa surat swab negatif.

"Agar pemudik yang kembali harus memiliki surat swab antigen atau PCR. Kemudian akan dilakukan swab antigen di lokasi titik penyekatan dan check point secara sukarela," kata Fadil kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Pihaknya bersama TNI juga sepakat berkolaborasi dengan mitra dan lembaga terkait untuk memperkuat tempat transportasi di mana para pendatang tiba.

"Kita sepakati seperti melaksanakan kolaborasi dengan BNPB dan pemda Jakarta untuk perkuat bandara, stasiun, pelabuhan, dan rest area yang dijadikan sarana dan prasarana untuk kembali setelah pelaksanaan mudik," kata Fadil.

Baca juga: Emak-emak Protes Dilarang Mudik: Lebih Baik Saya Dipenjara!

Selain itu, pihaknya bersama Kodam Jaya juga akan menyiapkan swab antigen serta memberdayakan basis komunitas.

"Pangdam punya Babinsa, Bintara Maritim dan Pangops Bintara  Dirgantara yang punya tugas pembinaan kepada masyarakat dalam rangka memutus mata rantai Covid-19. Polri punya Babinkamtibmas," katanya

"Kami sepakat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dengan meningkatkan 3T, testing tracing treatment di kampung tangguh dan PPKM mikro. Nanti akan dilaksanakan swab antigen di basis komunitas tersebut," pungkas Fadil.

Ikuti kami di
Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas