Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

5 Hari Operasi Pengadangan Arus Mudik, 24.447 Kendaraan Diputarbalik, Mayoritas Pemudik Motor 

Pemudik yang kena razia tersebut dicegat di 21 titik pos penyekatan dan 21 pos pemeriksaan (check point) yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro.

5 Hari Operasi Pengadangan Arus Mudik, 24.447 Kendaraan Diputarbalik, Mayoritas Pemudik Motor 
Istimewa
Suasana arus lalu lintas di Pos penyekatan Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama lima hari larangan mudik, sebanyak 24.447 kendaraan diputarbalik arah lantaran ketahuan hendak mudik.

Pemudik yang kena razia tersebut dicegat di 21 titik pos penyekatan dan 21 pos pemeriksaan (check point) yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro.

Para pemudik yang kena razia itu hendak melakukan mudik itu bertujuan ke arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian ke wilayah Sumatera.

Baca juga: Didampingi Kapolri, Puan akan Tinjau Peniadaan Mudik di Soetta dan Cikampek

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, setidaknya sudah ada 57.089 kendaraan yang diperiksa pihaknya selama periode pelarangan mudik tahun ini.

Adapun kata Sambodo, dari keseluruhan kendaraan yang diperiksa tersebut didapati sebanyak 24.447 kendaraan yang nekat mudik dan diminta untuk putar balik.

"Rinciannya, 23.720 unit kendaraan diputar balik di 21 pos penyekatan dan 797 unit kendaraan diminta putar balik di 21 titik check point," kata Sambodo melalui keterangannya, dikutip Selasa (11/5).

Baca juga: Satgas Covid-19 Sayangkan Pemudik Terobos Pos Penyekatan 

Menurut Sambodo, dari keseluruhan kendaraan yang diputar balik tersebut, pengendara sepeda motor menjadi yang paling banyak didapati nekat mudik.

Dari kedua pos yang digelar oleh pihak Polda Metro Jaya setidaknya ada 14 ribu lebih pemudik yang menggunakan sepeda motor diminta putar balik.

"Jenis kendaraan yang diputar balik 14.742 roda dua, 7.887 mobil pribadi, 1.535 mobil penumpang dan 313 kendaraan barang," beber Sambodo.

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan terkait pelarangan mudik Idul Fitri 1442 H sebagai upaya untuk menekan laju penularan Covid-19 di Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas