Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Warga Cililitan Jakarta Meninggal Dunia Setelah Sepekan Isolasi Mandiri di Rumah

Sementara itu pasien Covid-19 di Bekasi yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah juga dilaporkan meninggal dunia.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 3 Warga Cililitan Jakarta Meninggal Dunia Setelah Sepekan Isolasi Mandiri di Rumah
Warta Kota/Henry Lopulalan
FOTO ILUSTRASI: Suasana pemakaman khusus jenasah Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kamis(24/6/2021). TPU Rorotan memiliki luas 3 hektar dapat menampung sekitar 7.200 petak makam baru khusus jenazah Covid-19. Saat ini sudah terisi 900 makam. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam beberapa hari terakhir sejumlah warga di Jakarta dan sekitarnya meninggal di rumahnya setelah menjalani isolasi mandiri akibat Covid-19.

Terbaru dilaporkan tiga warga di Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yang terkonfirmasi Covid-19 meninggal saat menjalani isolasi mandiri pada Selasa (29/6/2021).

Lurah Cililitan Agung Budi Santoso mengatakan ketiga warganya meninggal setelah sekitar satu minggu menjalani isolasi mandiri di rumah menunggu ketersediaan ruang rawat inap di RS.

"Ketiganya memiliki komorbid (penyakit penyerta). Sebelum isolasi mandiri sudah mau dirujuk ke RS, tapi karena RS penuh jadi menjalani isolasi di rumah," kata Agung saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Warga Jatiasih Bekasi Meninggal Setelah Seminggu Menjalani Isolasi Mandiri di Rumah

Sejak awal menjalani isolasi mandiri Satgas Covid-19 Kelurahan Cililitan sudah berupaya melakukan penanganan guna mencegah ketiganya mengalami perburukan kondisi.

Nahas penyakit penyerta yang diderita membuat kondisi mereka terus memburuk, sementara ruang rawat inap di RS rujukan pasien Covid-19 masih penuh tidak memungkinkan dirujuk.

BERITA TERKAIT

"Ketiganya tinggal di rumah berbeda. Karena meninggal saat menjalani isolasi mandiri proses pemulasaran jenazah dilakukan di rumah. Proses pemulasaran dilakukan tim Puskesmas," ujarnya.

Agung menuturkan setelah mendapat kabar duka sekira pukul 15.00 WIB pihaknya berkoordinasi dengan Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur meminta bantuan pengantaran peti mati.

Peti mati tersebut diperlukan karena beda dengan jenazah umum, pemakaman pasien terkonfirmasi menggunakan peti mati sesuai protokol pemulasaran jenazah pasien Covid-19 ditetapkan.

"Saya minta bantuan Satpel LH untuk pengambilan peti dari (TPU) Petamburan. Setelah dilakukan pemulasaran di rumah jenazah dimakamkan di TPU Rorotan dan Pondok Ranggon," tuturnya.

Di Bekasi Juga

Sementara itu pasien Covid-19 di Bekasi yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah juga dilaporkan meninggal dunia.

Koban adalah MR (60) warga Perumahan Pondok Mitra Lestari, Jatiasih, Kota Bekasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas