Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Petugas Musnahkan 165 Kg Organ Hewan Kurban Tak Layak Konsumsi di Jakarta Timur, Ada Cacing Hati

Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur memusnahkan 165,835 kilogram organ hewan kurban Iduladha tak layak konsumsi.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Petugas Musnahkan 165 Kg Organ Hewan Kurban Tak Layak Konsumsi di Jakarta Timur, Ada Cacing Hati
TribunJakarta/Bima Putra
Petugas pengawas hewan kurban Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo, Zakiatun Muhammad saat menunujukkan cacing hati yang ditemukan pada organ sapi hewan kurban di Jakarta Timur, Rabu (21/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur memusnahkan 165,835 kilogram organ hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah tak layak konsumsi.

Kasudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari mengatakan jumlah tersebut akumulasi pemeriksaan postmortem atau setelah kematian yang dilakukan di 194 tempat pemotongan hewan kurban.




"Ini hasil pemeriksaan dari tanggal 20-22 Juli 2021 terhadap 4.000 hewan kurban di 194 tempat pemotongan ditemukan di 10 Kecamatan," kata Yuli saat dikonfirmasi di Cakung, Jakarta Timur, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Al Azhar Memorial Garden Salurkan Daging Kurban untuk Warga Telukjambe Timur

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Lengkap dengan Resep Olahan Daging Sapi dan Kambing

Rincian organ tidak layak konsumsi dari hasil pemeriksaan postmortem tersebut sebanyak 1,4 kilogram organ jantung, 28,7 kilogram organ paru, 134 kilogram organ hati, dan 1 kilogram organ hati.

Organ jantung dan limpa yang dimusnahakan karena dari pemeriksaan ditemukan gumpalan darah dalam persentase banyak sehingga secara medis tidak layak konsumsi.

Sisa-sia jeroan kerbau yang dibuang oleh pencuri
Ilustrasi jeroan sapi  (Tribun Lampung/Robertus Didik)

"Untuk bagian hati yang diafkir karena ditemukan adanya cacing hati, sementara bagian paru yang diafkir karena dari pemeriksaan petugas ditemukan penyakit pneumonia (penyakit paru)," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Yuli menuturkan jumlah organ hewan kurban yang diafkir ini masih bersifat data sementara karena ada kemungkinan pada Jumat (23/7/2021) masih ada warga melangsungkan pemotongan kurban.

Hingga Kamis (22/7/2021) jumlah hewan kurban pada Iduladha 1442 Hijriah yang sudah dilakukan pemeriksaan postmortem jajarannya sebanyak 1,271 sapi, 2,407 kambing, 322 kambing.

"Kita masih menunggu laporan dari warga apa besok masih ada warga yang melangsungkan pemotongan. Besok teman-teman Satpel KPKP masing-masing Kecamatan akan melakukan pemantauan," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul 165 Kilogram Organ Hewan Kurban Tak Layak Konsumsi Ditemukan di Jakarta Timur,

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas