Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sepekan Pemberlakuan Ganjil-genap, Dirlantas Polda Metro: Kepatuhan Warga Jakarta Meningkat

Meski sanksi yang diberikan hanya dispensasi berupa putar balik, pemberlakuan ganjil-genap diklaim sangat efektif menekan laju kendaraan.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sepekan Pemberlakuan Ganjil-genap, Dirlantas Polda Metro: Kepatuhan Warga Jakarta Meningkat
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Polisi lalu lintas sedang melaksanalan pemeriksaan ganjil genap kendaraan yang masuk ke Jalan MH Thamrin dari Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (13/8/2021). Pembatasan dengan sistem ganjil genap ini berlaku mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB di berlakukan perpanjangan PPKM level 4. Hal ini bertujuan untuk mengurangi mobilisasi penumpang. Sepeda motorpun di larang melintas di Jalan Sudirman - MH Thamrin. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut pemberlakuan ganjil-genap selama masa PPKM Level 4 pada 10-16 Agustus cukup efektif.

Hal itu dikatakan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo yang menilai ganjil-genap selama sepekan berjalan efektif. Ia mengungkapkan tingkat pelanggaran gage hanya sedikit ditemukan selama penerapan mobilitas masyarakat ini diterapkan.

"Evaluasi dari seminggu ini alhamdulilah dari sisi kepatuhan warga meningkat. Saya mengucapkan terima kasih karena sedikit sekali ditemukan pelanggaran kendaraan sesuai dengan tanggalnya 8 kawasan ganjil genap Jakarta," kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/8/2021).

Sambodo menambahkan, meski sanksi yang diberikan hanya dispensasi berupa putar balik, pemberlakuan ganjil-genap sangat efektif menekan laju kendaraan.

Baca juga: PPKM Level 4 Berakhir Hari Ini, Apakah Sistem Ganjil-Genap di Jakarta Dilanjutkan?

"Kalaupun ada yg melintas itu karena memang kota berikan dispensasi, kita akan lihat dan evaluasi dengan stakeholder terkait apakah tetap 8 kawasan ini dikurangi atau mungkin ditambah fakta dan data menunjukkan ganjil genap itu cukup efektif untuk mengurangi mobilitas di 8 ruas jalan," tambahnya.

Baca juga: Eks Kader PSI Kritik Viani Limardi, Anggota DPRD Jakarta yang Protes saat Kena Razia Ganjil-Genap

Mengenai perpanjangan ganjil-genap di Jakarta, Sambodo mengatakan masih menunggu arahan dari stakeholder terkait. Sebab, hari ini merupakan hari terakhir masa perpanjangan PPKM Level 4 di DKI Jakarta dan keputusannya akan disampaikan nanti.

BERITA TERKAIT

"Hari ini adalah hari terakhir untuk  perpanjangan PPKM Level 4, nanti kita lihat perkembangannya seperti apa keputusan dari pemerintah. Kalau memang PPKM level 4 diperpanjang tentu kebijakan ganjil genap akan kita evaluasi dengan pihak terkait seperti Dishub dan lain-lain," tutup Sambodo. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas