Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kuasa Hukum: Ryan Jombang Sudah Hijrah, Tak Mungkin Berperilaku Konyol di Lapas

Kuasa Hukum Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang, Benny Daga menyampaikan kliennya telah hijrah usai pernah terlibat dalam kasus pembunuhan berant

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kuasa Hukum: Ryan Jombang Sudah Hijrah, Tak Mungkin Berperilaku Konyol di Lapas
Tribun Jabar Gani Kurniawan/Tribunnews Bian Harnansa
Habib Bahar bin Smith dan Ryan Jombang 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kuasa Hukum Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang, Benny Daga menyampaikan kliennya telah hijrah usai pernah terlibat dalam kasus pembunuhan berantai terhadap 11 orang di Jakarta dan Jombang pada 2007-2008 silam.

Menurut Benny, Ryan Jombang telah hijrah dari masa lalunya yang kelam tersebut. Kini, dia telah rajin beribadah selama mendekam di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

"Beliau Ini sudah hijrah, hijrah dalam arti sudah tidak lagi berada di dunia seperti itu. Karena sudah jauh berubah, jauh banget ketimbang tahun 2009-2010 kita ketemu ya jauh," kata Benny di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (19/8/2021).




Atas dasar itu, Benny menolak jika kliennya dituduh membuat onar maupun mencuri uang Habib Bahar yang berujung penganiayaan. Dia memastikan kliennya bukanlah pribadi yang seperti itu.

Kuasa Hukum Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang, Benny Daga
Kuasa Hukum Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang, Benny Daga (Ist)

"Sampai hari ini kita bersyukur, masa lalu Ryan seperti itu tapi Ryan sudah hijrah. Itu dalam arti orang sudah hijrah. Tidak mungkin melakukan hal-hal konyol seperti itu. Apalagi disebut pencuri, itu sangat tidak benar. Saya bantah dan saya sanggah itu," tukasnya.

Kronologis Versi Dirjen Pas dan Lapas Gunung Sindur

Diberitakan sebelumnya, Habib Bahar bin Smith dikabarkan terlibat percekcokan dengan Ryan Jombang di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/8/2021).

BERITA TERKAIT

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan, permasalahan yang melibatkan Habib Bahar dan Ryan Jombang sudah selesai.

"Itu sudah selesai. Sudah tidak ada masalah. Namanya ada sedikit konflik. Itu sudah terselesaikan," kata Rika kepada Tribunnews.com, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Tak Hanya Habib Bahar, Penganiayaan Terhadap Ryan Jombang Diduga Libatkan Massa dari Luar Lapas

Rika menyebut permasalahan biasa terjadi antar sesama penghuni lapas.

Dikarenakan latar belakang dan kepribadian tiap warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berbeda-beda.

"Itu permasalahan pribadi antar dua orang, itu memang bisa terjadi dengan siapapun termasuk di dalam lapas. Orang-orang yang punya latar belakang, kepribadian berbeda, tapi semuanya sudah diselesaikan," katanya.

Setelah pertikaian tersebut, kata Rika, pihak Lapas Gunung Sindur akan mengarahkan Habib Bahar dan Ryan Jombang mengikuti pembinaan.

"Yang salah kita arahkan untuk menyadari perilaku mereka yang tidak benar, baik secara hukum maupun sosial dan juga agama," kata dia.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas