Tribun

Virus Corona

2,7 Juta Warga DKI Jakarta Belum Divaksin, Pemuda NasDem Dirikan Sentra Vaksinasi

Pemuda Siaga Pandemi Bervaksin yang dibentuk Garda Pemuda NasDem menyediakan dua booth vaksinasi untuk melayani 700 warga setiap harinya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Sanusi
2,7 Juta Warga DKI Jakarta Belum Divaksin, Pemuda NasDem Dirikan Sentra Vaksinasi
ist
Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Bervaksin mendirikan dua booth vaksinasi untuk melayani 700 warga DKI Jakarta setiap harinya, Senin (6/9/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Bervaksin yang dibentuk Garda Pemuda (GP) NasDem menyediakan dua booth vaksinasi untuk melayani 700 warga setiap harinya.

Program vaksinasi bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya ini berlangsung di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan pada 6-26 September 2021.

Baca juga: Puskesmas Taman Sari Gelar Vaksinasi Covid-19 di Beberapa Tempat, Berikut Lokasinya

Ketua Bidang Kesehatan DPP Partai NasDem, Okky Asokawati mengatakan layanan vaksinasi tersebut didirikan untuk melayani masyarakat umum dengan menggunakan vaksin Pfizer (dosis pertama dan kedua) serta vaksin Sinovac khusus peserta yang mengikuti vaksinasi dosis kedua.

"Jadi, PSP bervaksin ini adalah rangkaian dari gelaran vaksinasi Satgas Covid-19 Partai NasDem yang sudah dilakukan sejak Juli lalu. NasDem komit tidak hanya melayani vaksinasi dosis pertama, tapi juga menyelesaikan vaksinasi kedua guna membantu pemerintah mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity)," kata Okky Asokawati di Kampus ABN NasDem dalam keterangan yang diterima, Senin (6/9/2021).

Baca juga: 1 Juta Penerima Vaksin Covid-19 Tak Ber KTP DKI, Wamenkes : Vaksinasi di Jakarta Perlu Ditingkatkan

Okky menuturkan penyediaan layanan vaksinasi ini didasari atas komitmen NasDem membantu pemerintah menyelesaikan program vaksinasi lengkap guna menyehatkan masyarakat, yang saat ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah.

Seperti diketahui, khusus di DKI Jakarta, masih ada sekitar 2,7 juta warga ber-KTP DKI yang belum menerima vaksinasi, meski pemerintah provinsi telah gencar menggelar program vaksinasi Covid-19.

Mantan anggota Komisi IX DPR dua periode ini menjelaskan, saat ini banyak masyarakat memerlukan vaksin dosis kedua lantaran tidak semua sentra vaksin menyediakannya.

"Banyak sentra vaksinasi di luar tapi hanya menyediakan dosis satu kali, yang keduanya masyarakat bingung. Makanya kami kembali bersinergi membantu agar herd immunity segera tercapai," ungkap Okky.

Lebih lanjut dia mengatakan PSP Bervaksin ini berjalan berkat kerjasama antara DPP NasDem Bidang Kesehatan, ABN, dan Garda Pemuda NasDem hingga Badan Rescue NasDem DKI Jakarta yang menyediakan tenaga kesehatan.

Baca juga: Update Capaian Vaksinasi: 2,7 Juta Pelajar Sudah Mendapat Vaksin Covid-19

Tidak hanya itu, sambung Okky, dukungan dari pemerintah dalam menyediakan dosis vaksin turut menyukseskan vaksinasi yang sedang berlangsung ini.

"Bagaimana pun juga saya mengimbau masyarakat untuk bervaksin guna mencapai herd immunity. Kedua, vaksinasi juga telah menjadi syarat berkunjung ke mana-mana," kata Okky.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengapresiasi pendirian sentra vaksinasi yang dilakukan NasDem karena turut membantu pemerintah mempercepat vaksinasi Covid-19.

"Hari ini antusiasme warga begitu tinggi, bahkan sudah antre sejak pukul 06.00 pagi. Partai NasDem betul-betul turun ke permukiman masyarakat yang berbeda dengan sentra vaksinasi yang lain. NasDem telah cukup lama membantu pemerintah kota dalam berkolaborasi untuk program vaksinasi ini," kata Isnawa.

Dia berharap layanan vaksinasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar khususnya, dan warga DKI Jakarta umumnya agar segera mencapai kekebalan kelompok.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas