Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masjid Jami Tine Tang, Harmoni Keberagaman dan Wujud Bakti kepada Orangtua

Airlangga meyakinkan Jusuf Hamka bahwa Masjid tersebut bisa menjadi tempat wisata religi

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Masjid Jami Tine Tang, Harmoni Keberagaman dan Wujud Bakti kepada Orangtua
HandOut/IST
Masjid Jami Tine Tang, terletak di area Tol Lingkar Luar Bogor Ring Road. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Masjid Jami Tine Tang yang terletak di area Tol Lingkar Luar Bogor Ring Road, ini cukup menarik perhatian masyarakat.

Hal itu karena arsitekur dan namanya yang unik, bergaya Tionghoa dan diberi nama Masjid Jami Tine Tang.

Pengusaha jalan tol, Mohammad Jusuf Hamka sebagai pemrakarsa pembangunan Masjid ini, menuturkan bagaimana cerita dibalik pemberian nama masjid.

Ia juga menceritakan kenapa Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang meresmikannya beberapa waktu lalu. Jusuf Hamka akrab disapa Babah Alun menceritakan, Masjid tersebut dari awal memang ia bangun.

Sebelumnya Jusuf juga sudah membangun Masjid bergaya oriental di kolong Tol Layang Tanjung Priok, Papanggo, lalu di kolong tol Ir Wiyoto, Jalan Pasir Putih, Ancol, Pademangan, dan satu satu lagi di pinggiran Tol Depok-Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga: Terkait Laporan Jusuf Hamka, Wakil Ketua Komisi XI DPR Dorong OJK Usut Oknum Perbankan Syariah

Semuanya ia beri nama Masjid Babah Alun. Masjid di Tol Lingkar Luar Bogor ini rencana awalnya akan menjadi Masjid Babah Alun yang ke empat.

BERITA TERKAIT

Namun suatu ketika, Jusuf yang juga menjadi salah satu staf khusus Menko Perekonomian, mendapat pertanyaan dari Airlangga yang saat itu baru melewati Masjid yang tengah dibangunnya.

"Suf, itu masjid siapa si?" "Oh, masjid saya, Pak, saya yang mau buat," cerita Jusuf Hamka.

Airlangga saat itu mengatakan bahwa ia juga punya niatan ingin membangun masjid, untuk kedua orang tuanya, Ibu Hartini dan Almarhum Pak Hartarto Sastrosunarto. Airlangga juga mengaku tertarik pada Masjid yang dibangun Jusuf.

Karena mengenal cukup baik keluarga orang tua Airlangga, Jusuf menjawab, "Oh, iya. pakai aja kalau memang Bapak mau. Tapi, apa Bapak mau Masjid yang arsitekturnya oriental seperti ini?" kata Jusuf.

Airlangga menilai desain arsitekturnya cukup bagus. Namun ia menolak jika Masjid yang dibangun Jusuf Hamka diberikan begitu saja.

Baca juga: Jusuf Kalla dan Jessica Tanoesoedibjo Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Jusuf sempat menolak, namun Airlangga tetap tidak mau. Akhirnya disepakati, biaya pembangunan Masjid tersebut diambil alih Airlangga, dan Jusuf Hamka akan membangun Masjid baru di tempat lain.

Jusuf yang masih ragu sempat mempertanyakan lagi pada Airlangga apakah dia yakin, karena arsitektur Masjid yang bergaya oriental bisa menjadi kontroversi, apalagi Airlangga adalah pejabat publik yang juga politisi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas