Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Hari Pertama Operasi Patuh Jaya, Polisi Menindak 2 Ribu Lebih Pelanggar yang Didominasi Roda Dua

Operasi Patuh Jaya 2021 yang digelar Polda Metro Jaya resmi dimulai pada Senin (20/9/2021) kemarin.

Hari Pertama Operasi Patuh Jaya, Polisi Menindak 2 Ribu Lebih Pelanggar yang Didominasi Roda Dua
Warta Kota/Henry Lopulalan
Polisi melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas saat Operasi Patuh Jaya 2021 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (20/9/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2021 untuk penegakan disiplin berlalu lintas yang berlangsung hingga 3 Oktober 2021. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Operasi Patuh Jaya 2021 yang digelar Polda Metro Jaya resmi dimulai pada Senin (20/9/2021) kemarin.

Kegiatan untuk memastikan kepatuhan berlalu lintas itu juga untuk membatasi pelanggaran protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaan di hari pertama, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindak ribuan pelanggar di hari pertama Operasi Patuh Jaya 2021, Senin (20/9/2021).

Total ada 2.556 kendaraan yang melanggar dalam hari pertama Operasi Patuh Jaya.

Pelanggaran itu didominasi oleh pengendara motor di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Petugas kepolisian sedang menindak pelanggar aturan lalu lintas dan.prokes saat berlangsung Operasi Patuh Jaya 2021 di Jalan Daan Mogot Km 15, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (20/9/2021). Gelaran operasi ini.untuk menekan angka kecelakaan lalin serta meningkatkan disiplin masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas termasuk protokol kesehatan. (Warta Kota/Nur Ichsan)
Petugas kepolisian sedang menindak pelanggar aturan lalu lintas dan.prokes saat berlangsung Operasi Patuh Jaya 2021 di Jalan Daan Mogot Km 15, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (20/9/2021). Gelaran operasi ini.untuk menekan angka kecelakaan lalin serta meningkatkan disiplin masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas termasuk protokol kesehatan. (Warta Kota/Nur Ichsan) (Warta Kota/Nur Ichsan)

"Hari pertama mayoritas pelanggaran dilakukan jenis kendaraan roda dua sebanyak 2.229," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono dalam keterangannya, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Operasi Patuh Jaya Digelar, Pengendara Pribadi dengan Lampu Rotator dan Sirine Ditindak Polisi

Argo juga mengatakan pelanggaran itu tidak semua dikenakan sanksi tilang. Terdapat 1.715 pelanggar diberikan teguran oleh petugas.

"Pelanggaran didominasi oleh pekerja karyawan sebanyak 1.632 pelanggaran, 403 pelajar/mahasiswa dan 447 sopir angkutan," jelas Argo.

Dalam catatannya, jenis pelanggaran tertinggi yang mendominasi adalah melawan arus.

Terdapat 544 pengendara yang kedapatan melawan arus sehingga diberikan teguran oleh petugas.

Operasi Patuh Jaya 2021 akan berlaku selama 14 hari ke depan. Kegiatan yang dimulai dari 20 September akan berakhir pada 3 Oktober 2021.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut 3.070 personel diturunkan selama  Operasi Patuh Jaya 2021.

Ribuan petugas itu bersiaga dan berpatroli dalam mengawasi kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas hingga menjalankan protokol kesehatan.

"Operasi Patuh Jaya 2021 di samping ingin meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, sekaligus meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan. Kita masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga perlu untuk mewujudkan keamanan, kesehatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas," ujar Fadil dalam apel di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9/2021) kemarin.
 

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas