Tribun

Sabam Sirait Meninggal Dunia

Sosok Mendiang Sabam Sirait di Mata Tetangga

Mendiang Sabam Sirait yang dikenal sebagai guru politik dari lintas partai ini juga sangat dikenal dekat oleh para tetangga di sekitar rumah.

Editor: Hasanudin Aco
Sosok Mendiang Sabam Sirait di Mata Tetangga
Ist
Warga dari berbagai kalangan melayat Sabam Sirat di rumah duka kawasan Bintaro Jakarta Selatan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendiang Sabam Sirait bukan semata melegenda di gelanggang politik sebagai pendekar demokrasi atau sebagai tokoh pluralis sejati pejuang kemanusiaan yang dikenal tokoh lintas agama dan aliran.

Mendiang Sabam Sirait yang dikenal sebagai guru politik dari lintas partai ini juga sangat dikenal dekat oleh para tetangga di sekitar rumah.

Tak heran, begitu kabar duka menyeruak, para tetangga di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, ikut berduka dengan sangat mendalam.

Kehadiran Sabam dan istri di kawasan itu dimulai sejak akhir tahun 1977-an.

Saat itu daerah tersebut adalah kebun dan banyak pepohonan, terutama pohon rambutan.

Sebanyak 12 tembakan salvo turut mengiringi prosesi pemakaman anggota DPD RI Sabam Sirait di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (3/9/2021) petang.
Sebanyak 12 tembakan salvo turut mengiringi prosesi pemakaman anggota DPD RI Sabam Sirait di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (3/9/2021) petang. (Tribunnews/Reynas Abdila)

Saat itu, Sabam adalah anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI), partai yang ia dirikan bersama dengan 9 kolega lainnya melalui fusi.

Partai itu berdiri pada 10 Januari tahun 1973.

Sebagai anggota DPR, Sabam memilih tinggal di Pesanggrahan yang masih berubah kebun.

Bila musim hujan tiba, kawasan itu menjadi sangat becek. Sementara untuk sampai ke jalan yang dilintasi mobil atau angkutan umum, harus melintasi jalan setepak sekitar 60 meter.

Seringkali Sabam, bila hujan datang, harus membungkus kaki bersepatu dengan kantung keresek.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas