Tribun

Peradi: Perlindungan Hukum Bagi Anak Harus Memperhatikan Asas Keadilan, Keseimbangan, dan Kebenaran

webinar nasional bertajuk “Peran Advokat dan Teknik dalam Pendampingan Anak Berhadapan dengan Hukum”.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
Peradi: Perlindungan Hukum Bagi Anak Harus Memperhatikan Asas Keadilan, Keseimbangan, dan Kebenaran
ISTIMEWA
DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Barat (Jakbar) menggelar webinar nasional bertajuk “Peran Advokat dan Teknik dalam Pendampingan Anak Berhadapan dengan Hukum”. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Barat (Jakbar) menggelar webinar nasional bertajuk “Peran Advokat dan Teknik dalam Pendampingan Anak Berhadapan dengan Hukum”.

Ketua DPC Peradi Jakarta Barat, Suhendra Asido, menyampaikan, ‎ini merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk meningkatkan kualitas advokat serta memberikan sumbangan ilmu bagi stakeholder profesi, umum, dan masyarakat.

“Tujuan dan manfaat yang diharapkan, yaitu untuk memberikan wawasan mengenai fungsi dan peran advokat dalam pendampingan anak berhadapan dengan hukum,” ujarnya seperti dikutip, Minggu (17/10/2021).

Kemudian, lanjut Asido, tersusunnya rumusan strategi advokat dalam pendampingan terhadap anak berhadapan dengan hukum, anak sebagai pelaku, saksi dan atau korban tindak pidana.

Selain itu, memberikan gambaran mengenai bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dibangun oleh Peradi dengan institusi kepolisian, Kejaksaan, dan pengadilan mengenai pendampingan anak berhadapan dengan hukum untuk memberikan pengetahuan mengenai hukum acara peradilan pidana.

Asido mengatakan, meski jajarannya belum dilantik karena terkendala pandemi, namun pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan, termasuk webinar. Pada 30 Oktober ‎nanti, akan menggelar seminar internasional.

“‎Akan hadir pembicara-pembicara lawyer yang yuridiksi di Amerika, Australia, dan Belanda, bagaimana cara menjadi advokat di sana, bagaimana peningkatan kualitas di negara-negara tersebut, penegakan kode etiknya, dan bagaimana bar asosiasinya, apakah single atau multi bar,” ujarnya.

Baca juga: Pentingnya Orangtua untuk Sadar akan Status Pertumbuhan dan Nutrisi Anak Mereka

Webinar kali ini dan nanti merupakan bagian dari semangat menggelorakan probono DPC Perdi Jakbar sebagai amanah Undang-Undang Advokat ‎Nomor 18 Tahun 2003, yakni untuk meningkatkan kualitas advokat sehingga peserta tanpa harus membayar, alias gratis.

“Peserta berasal dari berbagai universitas, LBH, NGO, para advokat, DPC dan PBH Peradi serta instansi-instansi pemerintah, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, kepolisian dan dari berbagai peserta lainnya,” kata Asido.

Halaman
12
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas