Tribun

Kabar Baik, Hampir Seluruh Wilayah Jakarta Sudah Tersedia Akses Wifi Gratis

Sejak fitur JakWIFI diluncurkan pada Agustus 2020 lalu, jumlah akses poin kini mencapai 8.742 titik dengan jumlah lebih dari 12 juta pengguna.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kabar Baik, Hampir Seluruh Wilayah Jakarta Sudah Tersedia Akses Wifi Gratis
Wartakotalive/Desy Selviany
Salah satu sudut JakWIFI yang ada di DKI Jakarta. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar baik bagi warga Jakarta, kini hampir seluruh wilayah ibu kota sudah tersedia akses wifi gratis.

Sejak fitur JakWIFI diluncurkan pada Agustus 2020 lalu, jumlah akses poin kini mencapai 8.742 titik dengan jumlah lebih dari 12 juta pengguna.

Kepala Bidang Jaringan dan Komunikasi Data (JKD), Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta Aditia Prana Kusuma menjelaskan, jumlah akses poin ini akan terus ditambah.

Pemprov DKI menargetkan sampai Desember 2021 nanti ada 9.159 akses poin JakWIFI.

“Jadi untuk saat ini JakWIFI yang sedang on progress 417 akses poin untuk mengejar 9.159 akses poin di akhir 2021,” ucapnya.

Baca juga: Pemprov DKI Kembali Menggelar Jakarta Investment Forum Class

Adapun lokasi prioritas program JakWIFI ini telah sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu.

Ada lima kriteria lokasi prioritas, yaitu Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA), taman dan hutan kota, rumah susun sederhana sewa yang dikelola Pemprov DKI, dan sekolah negeri yang dikelola Pemprov DKI.

Kemudian, Rukun Warga (RW) kumuh sangat ringan, ringan, sedang, dan berat, serta lokasi publik lainnya yang menjadi target prioritas perangkat daerah dalam mendukung Program Strategi Pemprov DKI.

“Namun pada prinsipnya, pengusulan lokasi rencana pemasangan JakWIFI dapat dilaksanakan oleh perangkat daerah dan masyarakat,” ujarnya.

Untuk bisa terkoneksi dalam jaringan JakWIFI caranya pun cukup mudah.

Masyarakat dapat tersambung dengan jaringan JakWIFI dengan cara mengisi kata sandi ‘untuksemua’ dengan radius jangkauan tanpa obstacle kurang lebih antara 25 sampai 50 meter dari sumber.

Ia menambahkan, provider JakWIFI juga sudah menggunakan Domain Name System (DNS) sehat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mencegah pengguna mengakses situs terlarang.

“Kami juga mengimbau untuk user JakWIFI agar menggunakan internet secara bijak dan untuk kegiatan yang positif,” kata Aditia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas