Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPRD DKI Jakarta Minta Jakpro Sediakan Tempat Ibadah di Sejumlah Titik Stadion JIS

DPRD DKI Jakarta meminta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyediakan fasilitas ruang ibadah bagi umat muslim di sudut Jakarta International Stadium.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in DPRD DKI Jakarta Minta Jakpro Sediakan Tempat Ibadah di Sejumlah Titik Stadion JIS
Dok. Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta
Lapangan latih di Jakarta Internation Stadium (JIS) yang sudah rampung dikerjakan. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPRD DKI Jakarta meminta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyediakan fasilitas ruang ibadah bagi umat muslim di sudut Jakarta International Stadium (JIS).

Ketua Komisi B DPRD DKI Abdul Aziz mengatakan fasilitas tempat ibadah perlu disediakan lantaran mayoritas warga Indonesia termasuk Jakarta merupakan muslim.

Sehingga, perlu adanya tempat salat yang representatif.

"Dengan kapasitas 82 ribu penonton yang saya yakin bahwa mayoritas warga itu muslim, jadi fasilitas untuk salat seperti apa, fasilitas wudu seperti apa, dan toilet seperti apa," kata Aziz dalam keterangannya, Kamis (2/12/2021).

Dengan tersedianya fasilitas ibadah yang representatif di sejumlah titik JIS, politikus PKS ini berharap tak akan terjadi penumpukan penonton yang hendak melakukan ibadah di sela pertandingan.

"Kita (Komisi B) tidak ingin ketika ada event, orang itu mengantre di toilet, mengantre salat berceceran kemana-mana. Jadi itu yang kami ingin pastikan fasilitas umum yang ada di gedung (JIS) ini berfungsi dengan baik dan jumlahnya cukup," kata Aziz.

BERITA TERKAIT

Gunakan Burung Kaki Bayam

Lapangan stadion JIS menggunakan rumput alami tanpa pestisida berjenis varietas Zoysia Matrella asal Boyolali.

Dengan begitu, JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang akan menggunakan rumput hybrid atau perpaduan antara rumput sintetis dan rumput alami. 

Menggunakan rumput hybrid, JIS akan menyamakan diri seperti Allianz Arena Stadium milik klub raksasa Jerman Bayern Munchen, Wanda Metropolitano Stadium di Madrid, Spanyol, hingga Tottenham Hotspur Stadium di London, Inggris.

Ada pun komposisinya nanti yakni 5 persen rumput sintetis asal Italia berjenis Limonta, dan 95 persennya rumput alami dengan jenis Zoysia Matrella yang di datangkan langsung dari Boyolali, Jawa Tengah, dimana para petani dalam negeri disana sudah pengalaman dan khusus untuk 
membuat rumput sepak bola.

Baca juga: Gelar Partai Persahabatan Pemprov Vs DPRD DKI, Gubernur Anies: Resmi, Lapangan JIS Berstandar FIFA

Sementara itu, standar pemakaian rumput JIS merupakan rekomendasi FIFA, termasuk mencampur rumput hybrid dan alami hingga masalah ketebalannya.

Penggunaan rumput hybrid JIS pun berdasarkan hasil studi banding dengan sejumlah negara yang telah memiliki stadion berstandar FIFA, seperti di Singapura, Inggris, dan Spanyol. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas